Model Pembelajaran Problem Based Introduction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Authors

  • Ahmad Hulaimi IAI Hamzanwadi NW Pancor, Indonesia
  • Khairuddin Khairuddin IAI Hamzanwadi NW Pancor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i2.473

Keywords:

Model Problem Based Introduction (PBI), Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Problem based instruction (PBI) atau pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengembangkan pengetahuan baru bagi siswa melalui proses kerja kelompok yang membutuhkan penyelesaian nyata sehingga membuat siswa fokus dalam belajarnya. Dalam upaya perbaikan kegiatan belajar mengajar untuk lebih meningkatkan hasil belajar PAI, maka melalui model Problem Based Introduction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar perlu dilaksanakan secara terencana, teratur, terarah, berkesinambungan dan sesuai dengan tujuan pengajaran PAI. Salah satu keuntungan dari penggunaan model Problem Based Introduction adalah siswa dapat mengembangkan kemampuan keterampilan berfikir, keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan intelektual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar. Sejalan dengan itu pula tentu hasil belajar adalah goalnya yakni bagaimana model pembelajaran Problem based instruction atau istilah lain pembelajaran  berdasarkan masalah berkorelasi dengan hasil belajar bagi siswa. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi pendidik itu sendiri. Dua variabel antara model pembelajaran Problem based instruction dengan hasil belajar adalah satu kesatuan yang diharapkan menghasilkan pembelajaran yang berkualitas.

References

Asri Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran Edisi Revisi. (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta), 2003

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT Rineka Cipta.2009)

Forijad, Penelitian dan Evaluasi Belajar, (Jakarta : Karya Bersama,1998)

M. Ibrahim & M. Nur. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press, 2000

Nana sudjana, Cara Belajar siswa Aktif dalam proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru,1989)

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Bumi Aksara,2006)

Rusman, Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014

Suyatno. Menjelajah Pembelajaran Inovatif, Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka, 2009

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta, : Kencana, 2009

W.Winkel, Psikologi Pengajaran, (Jakarta : Gramedia, 1989)

Zainal Aqib, Propesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. (Surabaya : Insan Cendikiawan),, 2002

Downloads

Published

2021-07-07

How to Cite

Hulaimi, Ahmad, and Khairuddin Khairuddin. “Model Pembelajaran Problem Based Introduction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar ”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 6, no. 2 (July 7, 2021): 46-58. Accessed April 18, 2024. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/473.