Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><strong>Jurnal Penelitian Tarbawi</strong>: <strong>Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial</strong> (P-ISSN: 2640-6375) (E-ISSN: 2685-256X) merupakan </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal bidang Penelitian Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial dengan </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">fokus kajian pada bidang Penelitian Lapangan, Pemikiran Tokoh (library Research) dalam pendidikan Islam, isu-isu sosial. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal ini diperuntukkan untuk para peneliti, pengamat, akademisi dan masyarakat luas dalam scope yang ditentukan. Jurnal Penelitian Tarbawi dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial terbit dua kali setahun yaitu priode Januari-Juni dan Juli-Desember.</span></span></span></span></p> en-US tarbawi205@gmail.com (Muh Zakaria) muhmammadzakaria00@gmail.com (Muh Zakaria) Mon, 25 Jan 2021 04:03:36 +0000 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Konsep Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/400 <p><em>Bediuzzaman Said Nursi (Said Nursi) merupakan seorang yang memiliki ide-ide yang fundamental dan komprehensif, seperti di bidang pendidikan ekonomi, politik, sosial, dan keagamaan; lebih-lebih pada sebagian besar Risale-i Nur banyak memuat gagasan yang radikal dan relevan dengan pendidikan Islam sekarang. Terutama dalam bidang pendidikan Said Nursi banyak menelurkan konsep khususnya yang berkaitan dengan pendekatan dan metode pendidikan Islam. Pendekatan yang lahir dari pemikiran Said Nursi adalah psikologis, sosial kultural, religik, historis, komparatif,dan filosofis. Sedangkan metodenya adalah muhadharah (Ceramah), Munazarat (Debat, Tabyin (Penjelasan), &nbsp;Qishah (Cerita), Mukatabah (Membuat Surat Menyurat/Tulisan), Tausiyah (Memberi Nasihat), Maudu’i (Membuat Tema-Tema), Tamtsil (Membuat Perumpamaan), Self Education (Pendidikan Diri Sendiri), I’tibar (Mengambil Pelajaran dari Suatu Kejadian atau Kisah), dan Uswah (Memberi Keteladanan).</em></p> Masdani Copyright (c) 2021 Masdani http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/400 Mon, 25 Jan 2021 00:00:00 +0000 Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Masa Pandemik Covid-19 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/356 <p>Pemanfaatan teknologi pembelajaran penting dilakukan ditengah pandemik Covid-19 seperti sekarang ini, terutama juga dalam dunia pendidikan dan salah satunya adalah pendidikan &nbsp;agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk membantu proses pendidikan yang mana pada saat ini dunia pendidikan sedang mendapat dampak yang cukup signifikan dengan adanya pandemik Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu kajian kepustakaan, dengan mengambil sumber – sumber literature dari beberapa jurnal maupun buku-buku bacaan. Pandemik Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini membawa dampak &nbsp;yang cukup besar didalam dunia pendidikan, siswa maupun mahasiswa dituntut untuk belajar secara mandiri dirumah, yang mana pemanfaatan teknologi pembelajaran sangatlah penting untuk guru/dosen, dan juga siswa/mahasiswa. Seluruh komponen pendidikan dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, guru/dosen dituntut untuk lebih kreatif dalam memberikan pengajarannya kepada siswa/mahasiswa, dan memanfaatkan platform yang mudah di akses seluruh siswa/mahasiswa seperti platform whatsapp, telegram, instagram, youtube, zoom meeting, google meet, google classromm, maupun e-learning. Itu semua merupakan media teknologi yang dapat di manfaatkan oleh guru/dosen, dan juga oleh siswa/mahasiswa dalam menunjang pembelajaran khususnya pembelajaran pendidikan agama Islam dimasa pandemik Covid-19 ini.</p> Andini, Unik Hanifah Salsabila, Fita Triyana, Khalidah Fitri Arum Sari, Mardaty Rauv Copyright (c) 2021 Andini, Unik Hanifah Salsabila, Fita Triyana, Khalidah Fitri Arum Sari, Mardaty Rauv http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/356 Mon, 25 Jan 2021 00:00:00 +0000 Program Pembinaan Akhlak Dalam Kegiatan Rohani Islam di SMK Negeri 1 Gunung Putri Bogor https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/352 <p><em>Dekadensi akhlak yang terjadi di berbagai bidang kehidupan masyarakat semakin mengkhawatirkan, termasuk di dalamnya adalah dekadensi akhlak di dalam lembaga pendidikan yang dimiliki oleh para&nbsp; peserta didik (murid) yang tidak mencerminkan akhlak islami. Pendidikan yang selama ini diharapkan mampu memberikan nilai positif pada pembentukan akhlak peserta didik dari hasil pembelajaran di dalam kelas yang disampaikan oleh seorang pendidik ternyata belum mampu memberikan perubahan yang berarti kearah pembentukan akhlakul karimah yang diharapkan oleh guru, orangtua maupun lingkungan sekitar (masyarakat). Oleh karena itu, perlu adanya program pembinaan akhlak yang dilakukan oleh lembaga pendidikan pemerintah maupun lembaga pendidikan swasta (formal atau non formal) secara berkesinambungan, agar output yang diharapkan dari hasil pendidikan bisa terealisasi dengan baik.</em></p> <p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program pembinaan akhlak dalam kegiatan rohani Islam (Rohis) di SMK Negeri 1 Gunung Putri Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif jenisnya penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Hasil temuan yakni program pembinaan akhlak di SMK Negeri 1 Bogor terdiri dari program kegiatan yaumiyah (harian), program kegiatan usbuiyah (mingguan), program kegiatan syahriyah (bulanan), dan program kegiatan sanaiyah (tahunan). </em></p> <p>&nbsp;</p> MAWARDI, Akhmad Alim, Anung Al Hamat Copyright (c) 2021 MAWARDI, Akhmad Alim, Anung Al Hamat http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/352 Mon, 25 Jan 2021 00:00:00 +0000 penanaman sikap toleransi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di madrasah aliyah ghozaliyah sumbermulyo jogoroto jombang https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/380 <p>Dalam Negara Indonesia terdapat kemajemukan penduduk dan yang pasti didalamnya mendapatkan begitu banyak tentang perbedaan tentang suatu hal apapun. Dengan keadaan seperti ini dari masing-masing kita seharusnya mempunyai pendirian tentang sikap toleransi sesama untuk membangun Negara yang bersatu.</p> <p>Fokus Penelitian: Bagaimana Penanaman Sikap Toleransi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Ghozaliyah Sumbermulyo Jogoroto Jombang?</p> <p>Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui Penanaman Sikap Toleransi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Sumbermulyo Jogoroto Jombang.</p> <p>Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan Penanaman Sikap Toleransi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler, dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk memperoleh beberapa informasi peneliti menggunakan cara pengamatan, Tanya jawab, dan pengumpulan. Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan proses mengkaji informasi tersebut. Dimulai dari menelaah semua data yang telah tersedia. Sesudah dilafalkan, dicermati, dan dianalisis, tindakan selanjutnya ialah membuat pengecilan data menggunakan cara abstraksi. Abstraksi ialah suatu upaya mengumpulkan ringkasan inti, proses dan penjelasan-penjelasan yang perlu dijaga tetap berada di dalamnya.</p> <p>Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Penanaman sikap toleransi siswa disini bisa di lakukan melalui kegiatan belajar mengajar terlebih lagi kegiatan ekstrakurikuler yang dimana lebih menjadi penyalur yang baik bagi penanaman sikap toleransi pada siswa.</p> <p><strong>Kata Kunci: Toleransi; Ekstrakurikuler.</strong></p> Wafi Rahayu, Sholihul Anshori Copyright (c) 2021 Wafi Rahayu, Sholihul Anshori http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/380 Mon, 25 Jan 2021 00:00:00 +0000 Improving Students’ English Writing Skill Through Storytelling Technique https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/401 <p><em>This research is designed to improve the students’ writing skill in English through storytelling technique. This research involved 42 second semester students of PAI Program of Tarbiyah Faculty of IAI Hamzanwadi NW Pancor. The objective of the research is to apply the procedure of storytelling technique to improve the students’ writing skill. The method applied in this research was a classroom action research. The data of the research were gathered through observation checklist, questionnaire, and writing test. The finding showed that storytelling technique was successful in improving students’ writing skill. The improvement could be seen from the improvement of students’ scores in writing test. Besides, the finding also showed that storytelling technique can improve the students’ involvement and enhance their interest in learning English, especially in writing.</em></p> syamsul Rizal Copyright (c) 2021 syamsul Rizal http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/401 Mon, 25 Jan 2021 00:00:00 +0000 Rekonstruksi sistem dan pemikiran pendidik dan tenaga kependidikan dalam pendidikan Islam https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/381 <p>Pendidikan memang merupakan kunci kemajuan, semakin baik kualitas pendidikan yang diselenggarakan oleh suatu masyarakat atau bangsa, maka akan diikuti dengan semakin baiknya kualitas masyarakat atau bangsa tersebut. <em>All of the problem that confront the muslim word today, so the educational problem is the most challengging. That future of the muslim world will depend upon the way it respons to this challenge,”</em> yakni dari sekian banyak permasalahan yang merupakan tantangan terhadap dunia Islam dewasa ini, maka masalah pendidikan merupakan masalah yang paling menantang. Masa depan dunia Islam tergantung kepada cara bagaimana dunia Islam menjawab dan memecahkan tantangan ini.</p> <p>Keberhasilan suatu bangsa tidak hanya dilihat dari segi pembangunan nasionalnya tetapi juga dari segi pendidikanya, dalam pemerintahan yang sangat memperhatian terhadap pendidikan dan peningkatan mutu guru merupakan salah satu langkah untuk menncapai keberhasilan pendidikan ( Muhaimin: 2013). pikir yang berarti proses, cara, atau perbuatan memikirkan yaitu menggunakan akal budi untuk memutuskan suatu persoalan dengan mempertimbangkan segala sesuatu secara bijak. Dalam konteks ini, pemikiran dapat diartikan sebagai upaya cerdas dari proses kerja akal dan kalbu untuk melihat fenomena dan berusaha mencari penyelesaianya secara bijaksana. Pendidik harus memenuhi kreteria yang telah dijelaskan di UUGD memiliki bakat sebagai guru, memiliki keahlian sebagai guru, memiliki keahlian yang baik dan terintegrasi, memiliki mental yang sehat, berbadan sehat, memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas, guru adalah manusia berjiwa pancasila, dan seorang warga negara yang baik,&nbsp; prefisional dan berkompeten.</p> <p>&nbsp;</p> <p>Kata Kunci : <em>Rekontruksi,Pemikiran, pendidik</em></p> <p>&nbsp;</p> Subiantoro Subiantoro Copyright (c) 2021 subiantoro subiantoro,M.Pd http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/381 Mon, 25 Jan 2021 00:00:00 +0000 Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Ibnu Khaldun https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/402 <p><em>Perumusan suatu konsep pendidikan yang baik tentu tidak lepas dari tujuannya untuk membangung suatu peradaban yang baik pula, karena peradaban yang baik adalah representasi dari pendidikan yang baik.</em> <em>P</em><em>enyelenggaraan pendidikan akan sangat berpengaruh suatu paradigma yang </em><em>dijadikan</em><em> landasan berpijak </em><em>oleh setiap lembaga, suatu paradigma tentu akan </em><em>membentuk suatu sistem pendidikan yang pada gilirannya akan mengkonstruksi cara berfikir dan bertindak orang-orang yang terlibat didalamnya</em><em>.</em></p> <p><em>Salah satu ilmuan muslim akhir abad pertengahan bernama Abdurrahman Zaid Waliuddin bin Khaldun yang populer dikenal dengan nama Ibnu Khaldun telah mencurahkan perhatiannya dalam pemikiran pendidikan selain ilmu-ilmu lain tentunya. Sebagai seorang yang juga berkecimpung dalam duni pendidikan, Khaldun tidak lantas menjadikanya sebagai seorang yang selalu pendapatya atau pemikiranya sejalan dengan realitas dunia pendidikan khususnya dalam bidang ajar mengajar pada saat itu, salah satu kritinya adalah metode “Indoktrinasi” terhadap anak&nbsp; didik pada saat itu.</em></p> <p><em>Dengan memulainya atas telaah terhadap realitas pendidikan pada masanya melalui keritik-keritknya terhadap sisitem pendidikan pada masa itu, konsep pendidikan yang ditawarkan oleh Ibnu Khaldun adalah konsep yang dianggapnya idieal terhadap model atau sistem pendidikan pada saat itu, dan metode pendidikan yang ditawarkanya ini adalah sebagai konsep untuk merekonstruksi sistem pendidikan menuju pendidikan yang lebih baik. Dalam metodologi pendidikan sendiri menurutnya, metode pembelajaran yang efektif dilakukan melalui dua cara yaitu cara malakah dan cara tadrij.</em></p> Muh. Sya'rani Copyright (c) 2021 Muh. Sya'rani http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/402 Mon, 25 Jan 2021 00:00:00 +0000