Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><strong>Jurnal Penelitian Tarbawi</strong>: <strong>Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial</strong> (P-ISSN: 2640-6375) (E-ISSN: 2685-256X) merupakan </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal bidang Penelitian Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial dengan </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">fokus kajian pada bidang Penelitian Lapangan, Pemikiran Tokoh (library Research) dalam pendidikan Islam, isu-isu sosial. </span></span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal ini Sudah Ter-Index SINTA 6 KEMENRISTEKDIKTI dengan Nomor SK 79/E/KPT/2023. Jurnal diperuntukkan untuk para peneliti, pengamat, akademisi dan masyarakat luas dalam scope yang ditentukan. Jurnal Penelitian Tarbawi dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial terbit dua kali setahun yaitu priode Januari-Juni dan Juli-Desember.</span></span></span></span></p> en-US jurnaltarbawi3@gmail.com (Marudin) jurnaltarbawi3@gmail.com (Marudin) Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 The Social Work In Handling Terrorism: Roles And Challenges https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1483 <p>Social work is a profession that has been doing social work which since the 20th century has expanded not only to social issues but also to terrorism. This article discussed the role of social worker in handling terrorism based on the international experiences and the challenges faced by social worker. The study was primarily based on the desk review of the credible and up to date literatures. There are few roles that can be done by social worker in handling terrorism such as being the community assessment and social brokerage, direct planner, direct implementation of team assistance, direct implementation of crisis services, support and assistance, assist in in community intervention, evaluator, expert, broker, mediator, counsellor, advocate, motivator, educator. Though there are few challenges faced by social worker in carrying out their role, there is also alternative solution that can be done to face this existing challenges. The experiences social worker had in several countries shows that this profession should be involved in handling terrorism. </p> Belgis Hayyinatun Nufus Copyright (c) 2024 Belgis Hayyinatun Nufus http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1483 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0000 Aliran Khawarij Dalam Perspektif Ilmu Kalam https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1482 <p>Aliran-aliran dalam Islam sangat banyak, penting kita untuk mengetahui aliran-aliran tersebut guna untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama agar kita bisa memilih yang mana kebenaran yang sesuai dengan ajaran-ajaran Nabi Muhammad Saw. &nbsp;Aliran Dalam tulisan ini, hanya satu aliran yang penulis bahas, karena menurut penulis aliran ini merupakan salah satu aliran dalam Islam yang sangat menyimpang dari tuntunan dan ajaran agama Islam sesungguhnya. Aliran Khawarij dalam ilmu kalam yaitu suatu sekte/kelompok/aliran pengikut Ali bin Abi Thalib yang keluar meninggalkan barisan karena tidak setuju terhadap Ali bin Abi Thalib yang menerima arbitrase/<em>tahkim</em> dalam perang Siffin pada tahun 37 H/648 M dengan kelompok pemberontak Muawiyah bin Abi Sufyan. Kemudian metode penelitian dalam artikel ini yaitu menggunakan metode studi pustaka, yaitu dengan mencari sumber-sumber referensi pembahasan dari buku-buku dan artikel jurnal lainnya. Dalam tulisan ini akan membahas definisi, sejarah perkembangan, pokok pemikiran, sekte-sekte, serta ajaran yang ada didalam aliran khawarij.&nbsp; Adapun hasil dari penelitian ini yaitu</p> Muhammad Syawal Copyright (c) 2024 Muhammad Syawal http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1482 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0000 Peran Intitusi Pendidikan Islam Dalam Advokasi Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1452 <p>Pendidikan Islam membawakan peran penting saat mengarahkan, mengendalikan, dan mengadvokasi kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi serta membangkitkan peradaban yang berkualitas. Sardar mengartikan bahwa sains digunakan sebagai sarana pemecahan masalah dan membedakan sains Barat dengan sains Islam, yang telah memberikan kontribusi besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Integrasi nilai-nilai agama Islam dalam pendidikan dapat membantu siswa menggunakan teknologi secara bijak. Diperlukan pengembangan metode pembelajaran yang terintegrasi antara ilmu pengetahuan, nilai-nilai agama Islam, serta pelatihan bagi pendidik dalam memberikan pemahaman yang komprehensif tentang penggunaan teknologi. Melalui pendidikan holistik, institusi pendidikan Islam memberikan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi, mendorong kreativitas, inovasi, dan kepemimpinan, serta memanfaatkan teknologi pendidikan untuk meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya terus mendorong inovasi dalam mengintegrasikan teknologi pendidikan yang mendukung perspektif Islam terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.</p> Afiyatul Fitriyah Fitri Copyright (c) 2024 Afiyatul Fitriyah Fitri http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1452 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Tindak Perundungan Antar Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Fadhli https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1459 <p><em>Cases of bullying in the school environment are still a problem that continues to occur today. One of the causes of bullying in the school environment is the lack of student morale. The cultivation of character values is indispensable to overcome the moral crisis. The purpose of this study was to see how much influence Akidah Akhlak learning has on bullying between students. Using causal quantitative methods, samples were taken from the entire population, namely 36 junior high school students Islam Al-Fadhli. The analysis technique used in this study is simple linear regression through the formula: Y = a + bX, obtained by the equation Y = 6.582 - 0.612X. Because the value of the regression coefficient is positive (+) it can be concluded that Akidah Akhlak Learning&nbsp; affects bullying between grade VIII students of Al-Fadhli Islamic Junior High School Although through the results of this study, the influence of Akidah Akhlak learning on bullying in schools is still very small. However, this still has an impact in an effort to minimize bullying in schools.</em><em>. </em></p> Amelia Ramdhani Syaiyuti Syaiful Bahri, Maya Dita Anggraini, Dwi Sabrina Ummaya, Juliana, Pani Akhiruddin Siregar Copyright (c) 2024 Amelia Ramdhani Syaiyuti Syaiful Bahri, Maya Dita Anggraini, Dwi Sabrina Ummaya, Juliana, Pani Akhiruddin Siregar http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1459 Sat, 01 Jun 2024 00:00:00 +0000 Manajemen Perubahan: Mengatasi Keengganan Guru Olahraga untuk Mengikuti Program Calon Guru Penggerak https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1419 <p><strong>Guru penggerak memiliki peran krusial dalam mendorong perubahan dan peningkatan di lingkungan sekolah. Mereka adalah pemimpin pembelajaran yang aktif mengembangkan diri dan menginspirasi rekan guru untuk menerapkan pembelajaran berpusat pada murid. Meskipun begitu, guru olahraga seringkali enggan untuk mengikuti Program Calon Guru Penggerak (CGP), mungkin karena lebih memilih kegiatan lapangan daripada di dalam kelas, kesulitan beradaptasi dengan pelatihan dalam jaringan, atau karena harus mengelola banyak tugas di luar mengajar.</strong></p> <p><strong>Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMPN 14 Cilegon. Hasilnya menunjukkan bahwa keengganan guru olahraga terhadap CGP dapat diatasi melalui manajemen perubahan yang efektif, pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang menyebabkan keengganan, dan memberikan umpan balik yang jelas kepada peserta yang tidak lolos seleksi. Dengan mengatasi keengganan ini, kita dapat meningkatkan kualitas pengajaran olahraga dan menciptakan lingkungan sekolah yang lebih baik secara keseluruhan."</strong></p> Imas Nurwaningsih Copyright (c) 2024 Imas Nurwaningsih http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1419 Sun, 02 Jun 2024 00:00:00 +0000 Upaya Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas V Dengan Menggunakan Metode Think Pair Share Di MI Raudhotul Jannah https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1481 <p>Tujuan dari penelitian pelajaran ini adalah untuk mendorong aktivitas dan Siswa memperoleh keterampilan kolaborasi belajar pada siswa kelas 5 di MI Raudhotul Jannah. Model Think Pair Share (TPS) digunakan dalam metodologi penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap perencanaan merupakan bagian dari proses penelitian, mengamati dan memikirkan kembali. informasi yang dikumpulkan melalui pendokumentasian dan observasi. Temuan-tamuan ini menunjukkan bahwa kerjasama dan keaktifan siswa mengalami peningkatan. Pengamatan mendukung hal ini disetiap siklusnya menjadi lebih besar secara signifikan. Pada siklus awal siswa yang pasif cenderung berkurang menjadi 26% dari sebelumnya 45% dan siswa yang lumayan aktif meningkat menjadi 13% dari sebelumnya 23%, siswa yang aktif meningkat menjadi 36% dari sebelumnya 20% dan siswa yang aktif meningkat menjadi 25% dari 12%, maka dari itu terjadi peningkatan efektivitas pembelajaran ditinjau dari keaktifan siswa. Partisipasi siswa dalam siklus kedua mengalami peningkatan keaktifan dalam pembelajaran Pada siklus kedua, siswa mengalami peningkatan keaktifan dalam pembelajaran hingga 94%. Berdasarkan pada temuan penelitian, bisa dikatakan​​​​​ bahwa menggunakan model pembelajaran​ Think Pair Share (TPS) mampu mendorong kerjasama dan tingkat aktivitas belajar siswa di kelas 5 MI Raudhotul Jannah.</p> Tiara Salsabilla, Rizal Ramli, Syellen Edwid Nivacindera, M. Makbul, Nur Aini Farida Copyright (c) 2024 Tiara Salsabilla, Rizal Ramli, Syellen Edwid Nivacindera, M. Makbul, Nur Aini Farida http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1481 Sun, 02 Jun 2024 00:00:00 +0000 Analisis Pengaruh Kenakalan Remaja Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Usia Remaja https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1467 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah adanya pengaruh kenakalan remaja terhadap prestasi belajar siswa dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, yaitu serangkaian penelitian dengan menggunakan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang objek penelitian ini digali dari berbagai informasi kepustakaan seperti (buku, ensiklopedia, jurnal ilmiah, dan dokumen). Pengaruh kenakalan remaja terhadap prestasi belajar siswa dapat dikatakan memiliki pengaruh walaupun tidak secara signifikan, dikarenakan terdapat faktor lainnya yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Kita dapati fenomena kenakalan remaja semakin hari kian meningkat, yang dapat berdampak pada prestasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan untuk pengembangan program intervensi yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kenakalan remaja dan meningkatkan prestasi belajar siswa usia remaja.</p> Dini Anggrayani Hasibuan, Elisa Fitri, Kaila Wanda, Finta Ananda, Pani Akhiruddin Siregar Copyright (c) 2024 Dini Anggrayani Hasibuan, Elisa Fitri, Kaila Wanda, Finta Ananda, Pani Akhiruddin Siregar http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1467 Sun, 02 Jun 2024 00:00:00 +0000 Implementasi Konsep Modrasi Beragama Melalui Pendidikan Islam https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1532 <p>Penelitian ini membahas terkait dengan konsep membagun mederasi beragama melalui pendidikan Islam, tulisan ini bertujuan untuk memahami interdipsipliner implementasi konsep moderasi beragama dalam pendidikan islam melalui telaah pemamahaman secra tektual dan kontektual. Permasalahan yang ada di jawab melalui penelitian kepustakaan (library research) hasil menunjukan bahwa sekolah sebagai lembaga yang menitik beratkan peran guru pendidikan agama islam dalam mentranformasikan pengatahuan untuk peserta didiknya, bergeser kepada paradigma pembelajaran memberikan peran lebih banyak kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi akal dan kereativitas dirinya dalam rangka membentuk manusia yang memiliki kekuatan spiritual keagamaan, berahlaq mulia, berkeperibadian tinggi, memiliki kecerdasan, kecerdasan, estitika, sehat jasmani dan rohani</p> Ahmad Subyanto Copyright (c) 2024 Ahmad Subyanto http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1532 Sun, 23 Jun 2024 00:00:00 +0000 Transformasi Pendidikan Islam, Peran Dosen dan Mahasiswa di Era 5.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1493 <p>Tantangan yang di hadapi pendidikan di era Society 5.0 sangatlah besar. Mengembangkan, memperbarui dan mengadaptasi paradigma pendidikan yang berwawasan global menuntut seluruh komponen untuk memaksimalkan perannya agar sejalan dengan perkembangan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tranformasi pendidikan Islam pada perguruan tinggi, serta proses dan upaya yang berkesinambungan antara peran dosen dan peran mahasiswa. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan memanfaatkan data-data yang berkaitan dengan pokok bahasan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa di era Society 5.0, tranformasi pendidikan Islam merupakan sebuah keniscayaan, baik dari sisi pengetahuan maupun aktualisasi pendidikan itu sendiri. Tranformasi ini memerlukan ketersediaan sumber daya pengajar yakni dosen yang mempunyai kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis, inovatif dan kreatif. Selain itu juga perlunya peserta didik mampu beradaptasi, peka terhadap persoalan pendidikan, dan kreatif dalam mmerancang solusi baru, agar mampu bersaing di kancah global dan mampu mewujudkan esensi serta tujuan pendidikan Islam.</p> <p>Kata Kunci: Society 5.0, tranformasi pendidkan Islam, peran dosen, peran mahasiswa.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> Chosinawarotin, Desy Anindia Rosyida Copyright (c) 2024 Desy Anindia Rosyida http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1493 Sun, 23 Jun 2024 00:00:00 +0000 Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Project Based Learning Kelas V SDN 4 Sindangkasih https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1464 <p>Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini mengadopsi gaya belajar yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan siswa yang memiliki preferensi auditori, visual, dan kinestetik. Lokasi penelitian berada di UPTD SDN 4 Sindangkasih, Purwakarta, Jawa Barat. Sampel penelitian dipilih secara acak menggunakan metode random sampling. Instrumen penelitian mencakup refleksi pembelajaran untuk mengukur motivasi belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Project Based Learning (PjBL) efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.</p> Gilang Ramdan, Alyanti Nikita Dewi, Dea Nafira Khusnul Mufhidah , Nur Aini Farida, M.Makbul Copyright (c) 2024 Gilang Ramdan, Alyanti Nikita Dewi, Dea Nafira Khusnul Mufhidah , Nur Aini Farida, M.Makbul http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1464 Sun, 23 Jun 2024 00:00:00 +0000 Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Shalat berjamaah (Seputar kesalahan, makmum masbuk dan posisinya) https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1486 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video yang fokus pada materi shalat berjamaah dengan memperhatikan kesalahan makmum masbuk dan posisinya. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian terdiri dari dua kelompok: kelompok validasi produk, yang melibatkan ahli materi dan ahli media, serta kelompok uji coba produk, yang terdiri dari 32 peserta didik kelas IX.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa video mengenai materi shalat berjamaah ini mendapat penilaian "sangat baik" dari kedua validator, yaitu ahli materi dan ahli media. Uji coba terhadap respon pengguna, khususnya guru, menunjukkan hasil 90% dengan kategori "Sangat Setuju" terhadap media pembelajaran ini. Selain itu, uji coba terhadap ketertarikan peserta didik, baik melalui kelompok kecil maupun kelompok besar, menunjukkan hasil kategori "sangat tertarik".</p> <p>Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis video ini merupakan langkah yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajar mengenai materi shalat berjamaah, khususnya dalam memperbaiki kesalahan makmum masbuk dan posisinya</p> Muhammad Ayyub Syamsul Copyright (c) 2024 Muhammad Ayyub Syamsul http://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1486 Sun, 23 Jun 2024 00:00:00 +0000