Hubungan Media Sosial TikTok Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa

Authors

  • Qurratul Aini Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/taujih.v2i1.1212

Keywords:

Media Sosial TikTok, Konsentrasi Belajar

Abstract

Fenomena tingginya intensitas penggunaan media sosial TikTok berdampak pada konsentrasi belajar siswa. Dampak negatif yang ditimbulkan yaitu dapat mengakibatkan kurangnya sosialisasi dengan lingkungan sekitar, kurangnya konsentrasi dalam proses belajar, dan dapat menyebarkan berita hoax. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media sosial TikTok terhadap konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional.Teknik pengumpulan data menggunakan dua angket yaitu angket media sosial TikTok dengan nilai reliabilitas sebesar 0,91 dan angket konsentrasi belajar dengan nilai reliabilitas sebesar 0,81. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dan sampelnya berjumlah 30 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil  penelitian menunjukkan nilai F= 9,85 dengan signifikansi0,05 bahwa terdapat hubungan negatif antara media sosial TikTok dengan konsentrasi belajar di MA NWDI Lepak. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penggunaan media sosial TikTok, maka semakin rendah konsentrasi belajar siswa. Sebaliknya semakin rendah penggunaan media sosial TikTok, maka semakin tinggi konsentrasi belajar siswa.

 

Published

2023-12-19

How to Cite

Aini, Q. (2023). Hubungan Media Sosial TikTok Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa. At-Taujih; Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37216/taujih.v2i1.1212