Pengaruh Positive Self Talk Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.37216/taujih.v2i2.1241Keywords:
Positive Self Talk, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positive self talk dalam meningkatan motivasi belajar siswa. subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa. Penggambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi belajar yang dimodifikasi dari indriyastuti wulaningsih. Skala motivasi belajar berjumlah 24 aitem dengan alfa Cronbach koefisien 0,938 menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi. Analisis data menggunakan analisis uji paired sampel t-tes melalui program SPSS Statistics versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat m=22,42, std=6,39 dengan p=< 0,05 menunjukkan bahwa positive self talk berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.