Korelasi Antara Self Efficacy Terhadap Academic Cheating Siswa

Authors

  • Ummul Fadhillah IAIH PANCOR

DOI:

https://doi.org/10.37216/taujih.v2i2.1507

Keywords:

Self Efficacy, Perilaku Menyontek, Siswa

Abstract

Pada pelaksanaan ujian ada siswa yang melakukan tindakan curang atau
menyontek.terjadinya perilaku menyontek pada siswa saat ujian disebabkan oleh
faktor internal dan eksternal.salah satu faktor internal penyebab perilaku menyontek
adalah self- efficacy .penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan selfefficacy siswa di SMA Negeri 2 Seelong. 2) mendeskripsikan perilaku menyontek
pada siswa saat ujian di SMA Negeri 2 Selong. 3) menggambarkan hubungan antara
self- efficacy dengan perilaku menyontek pada siswa saat ujian di SMA Negeri 2
Selong.Metode penelitian ini yaitu deskriptif korelasional.sampel pada penelitian ini
sebanyak 160 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik proportionate stratified
random sampling. proportionate stratified random sampling adalah tehnik yang
digunakan bila populasi mempunyai anggota/ unsur yang tidak homogen dan
berstrata secara proposional,sugiyono (2010). pengumpulan data dilakukan
menggunakan angket self – efficacy yang disusun berdasarkan aspek selfefficacy dan angket perilaku menyontek pada siswa saat ujian yang disusun
berdasarkan aspek perilaku menyontek . data di olah menggunakan teknik analisis
deskriptif dan teknik analisis korelasional person product moment correlation.
Hasil pengujian variabel self efficacy (X) terhadap academy cheating diperoleh nilai
T hitung 3,249 >1,654 dari pada T tabel dengan nilai signifikasi 0,002 < 0,05 dengan
koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,281.hal ini menunjukkan bahwa variabel
self efficacy (X) berpengaruh terhadap academy cheating (Y). Berdasarkan uji F pada
tabel.3 maka nilai F sebesar 4.861 lebih besar dari F tabel sebesar 3,05 dengan tingkat
signifikasi 0,000 < 0,05 maka secara simultan variabel self efficacy berpengaruh
signifikan terhadap academy cheating. Berdasarkan data di atas menunjukkan bahwa
hasil nilai pada Adjusted R Square sebesar 0,288 atau sekitar 28,8 %. Hal ini berrati
tingkat hubungan self efficacy terhadap academy cheating adalah rendah yaitu
sebesar 28,8%. Sedangkan sisanya 71,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti
dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh self efficacy secara positif dan
signifikan terhadap academy cheating dengan tingkat hubungan yang rendah.
Kata Kunci : Self Efficacy,Perilaku Menyontek,Siswa

 

Published

2024-06-20

How to Cite

Fadhillah, U. (2024). Korelasi Antara Self Efficacy Terhadap Academic Cheating Siswa. At-Taujih; Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 150–161. https://doi.org/10.37216/taujih.v2i2.1507