Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Gojek Dalam Konteks Etos Kerja Islam

Authors

  • Della Rachmi fakultas Dakwah, UIN KHAS Jember, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Etos kerja Islam, Kepuasan pengguna, Gojek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan ojek online, dengan fokus pada analisis faktor-faktor kepuasan pelanggan, tetapi juga mengajak para pengemudi dan perusahaan untuk menerapkan nilai-nilai etos kerja Islam sebagai dasar dalam menjalankan bisnis, guna menciptakan layanan yang lebih baik dan memuaskan bagi semua pihak.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang dilanjutkan dengan snowball sampling dengan total 10 informan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam (in-depath interview) serta menggunakan literatur review, data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis tematik, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dalam bentuk narasi tematik, untuk keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan mengkonfirmasi kembali hasil wawancara. Penelitian ini menunjukkan bahwa etos kerja Islam memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan Gojek. Pengguna cenderung merasa lebih puas ketika mitra pengemudi menunjukkan nilai-nilai etos kerja Islam, seperti amanah, jujur, tanggung jawab, dan kesopanan

Downloads

Published

2025-06-08

How to Cite

Rachmi, D. (2025). Analisis Kepuasan Pengguna Layanan Gojek Dalam Konteks Etos Kerja Islam. MADDINA: Jurnal Manajemen Dakwah, 2(1), 88–99. Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/madina/article/view/2146