Pendidikan Moral Terhadap Perilaku Anak Didik SMA Negeri 1 Kediri Lombok Barat

  • Zainudin Zainudin SITiT Darussalimin NW Praya
Keywords: Pendidikan Moral Terhadap Perilaku Siswa

Abstract

Pendidikan dan pengajaran sebenarnya suatu upaya membantu pertumbuhan dan perkembangan peserta didik untuk meningkatkan kualitas perilakunya ke arah yang lebih baik dan lebih maju. Jadi secara implicit pendidikan itu telah bermuatan untuk menanamkan kesadaran terhadap semua nilai-nilai kebaikan dan keburukan, sehingga diharapkan para lulusannya meningkatkan perilaku baiknya dari waktu ke waktu dan perilaku buruk berkurang sebanyak mungkin, jika tidak dapat dihapuskan sama sekali. Oleh karena itu di dunia ini masalah baik dan buruk itu tetap ada, dan manusia memang tidak sempurna seratus persen, artinya manusia memang memiliki kelebihan-kelebihan, tetapi juga tidak luput dari kelemahan-kelemahan. Oleh karenya selalu ada kemungkinan berbuat salah atau tidak baik, terlebih lagi dengan derasnya arus globalisasi tentulah akan membawa banyak pengaruh, baik pengaruh yang baik maupun pengaruh yang buruk, maka kemampuan memilih hal-hal yang baik perlu ditingkatkan terus menerus.  

Ada Beberapa pendidikan moral pada kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam di SMA Negeri 1 kediri Lombok Barat, dapat diketahui bahwa dalam melakukan internalisasi nilai-nilai moral peserta didik di SMA Negeri 1 kediri Lombok Barat,dilakukan melalui 4 (empat) tahap yaitu: 1) tahap pemberian pengetahuan, 2) tahap memahami, 3) tahap pembiasaan,  dan 4) tahap transinternalisasi

References

Al-Qur‟an dan Terjemahanya. Semarang: PT. Tanjung Mas Inti.
Abdullah, Taufik. 2002. Ensiklopedi Dunia Islam Jilid 3. Jakarta: PT. Ichtiar Baru
Ahmadi, Abu. 1991. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Al Albani, Muhammad Nasruddin. 2006. Shahih Sunan At-Tarmidzi Jilid 2. Jakarta: Pustaka Azzam.
. 2007. Ringkasan Shahih Muslim. Jakarta: Pustaka Azzam.
Ali, Muhammad Daud. 2006. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiyah. 1994. Remaja Harapan Dan Tantangan. Jakarta: Ruhama.
Departemem Agama RI. 2005. Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam.
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Faisal, Sanapiah. 1990. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar dan Aplikasi. Malang: IKIP.
Fuad, Amsyari. 1995. Islam Kaffah Tantangan Sosial dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Gema Insani.
Langgulung, Hasan. 1992. Asas-Asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muhaimin dkk. 1996. Srategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.
Muhaimin dan Abdul Mudjib. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangaka Dasar Operasionalnya. Bandung: Triganda Karya.
Published
2019-09-19
How to Cite
Zainudin, Z. (2019). Pendidikan Moral Terhadap Perilaku Anak Didik SMA Negeri 1 Kediri Lombok Barat. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 4(2), 1-14. Retrieved from http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/231