Author Guidelines

  1. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, menerima artikel, riset maupun pemikiran-pemikiran kritis tentang  pendidikan Islam dan isu-isu sosial yang membahas berbagai topik, termasuk: manajemen pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, Metode dan Media Pembelajaran Pendidikan Islam, Pendidikan Berkebutuhan Khusus, Kepemimpinan (Leadership) , Lingkungan sosial Agama, Tokoh, Lokal Wisdom. Naskah diketik dengan program Ms. Word, huruf Times New Romanfont size 12, menggunakan kertas A4 dengan batas atas 2,5 cm, batas bawah 2,5 cm, batas kiri 3 cm dan kanan 2,5 cm.
  2. Naskah dikirim online melalui OJS Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Jarak antar baris 1.5 spasi. Tiap awal paragraf menjorok ke kanan sekitar 5 ketukan.
  4. Sistematika artikel hasil penelitian: Judul, Identitas Penulis (Nama, Instansi, dan Email), Abstrak disertai Kata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil Penelitian, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Rujukan.
  5. Judul Artikel tidak lebih dari 16 kata, diketik dengan huruf kapital di tengah-tengah (center), dengan ukuran huruf 14 pt, dan ditulis tebal (bold).
  6. Identitas penulis ditempatkan di bawah judul artikel, tanpa gelar akademik, disertai nama lembaga asal, dan dicantumkan juga email penulis.
  7. Abstrak dan kata kunci. Abstrak berisi; tujuan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak bahasa Inggris dicetak miring. Ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Panjang masing-masing abstrak antara 150-200 kata dan kata kunci minimal 3 kata atau frasa, serta diketik miring (Italic) dalam 1 spasi.
  8. Pendahuluan berisi latar belakang, tujuan penelitian, dan kajian pustaka. Semua bagian pada pendahuluan ini dipaparkan secara terintegrasi dan menggunakan aturan penomoran yang benar.
  9. Metode berisi rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Semua bagian ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf.
  10. Hasil dan pembahasan berisi paparan hasil penelitian disertai dengan pembahasan mengenai hasil penelitian tersebut. Semua bagian ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf.
  11. Kesimpulan berisi temuan penelitian dalam menjawab pertanyaan penelitian dan dibuat dalam bentuk paragraf.
  12. Penggunaan format in note dalam kutipan; dengan aturan (Nama belakang, tahun terbit: halaman), misal: (Moleong, 2010: 6)
  13. Daftar Rujukan memuat referensi yang dirujuk dalam artikel dan diurutkan berdasarkan  alfabet. Pustaka yang digunakan berupa pustaka 10 tahun terakhir. Penulisan daftar pustaka mengikuti aturan APA Style, seperti contoh berikut:
  14. Buku, satu penulis

    McKibben, B. (1992). The age of missing information. New York: Random House.

    Buku, banyak penulis

    Larson, G. W., Ellis, D. C.,& Rivers, P. C. (1984). Essentials of chemical dependency counseling. New York: Columbia University Press.

    Buku kumpulan artikel

    Cobb, P. & Gravemeijer, K. (2006). Design Research from a Learning Design Perspective. Dalam Akker, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (Eds.), Educational Design Research (hal 17-51). New York: Routledge.

    Artikel dalam Jurnal

    Nahdi, K. (2009). Pola Pelibatan Wanita dalam Kelompok Masyarakat Program Inpres Desa Tertinggal (POKMAS IDT) di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal EducatiO, IV (1): 1-15.

    Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian

    Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Disertasi tidak dipublikasikan, Enschede, University of Twente.

     

    Internet

    OECD. (2010). PISA Results: What Makes a School Successful? Diakses pada 26 Maret 2012, dari http://www.oecd.org/dataoecd/11/16/48852721.pdf.

     

    Prosiding

    Williams, J., & Seary,K. (2010). Bridging the dividen: Scaffolding the learning experiences of the mature age student. Dalam J. Terrel (Ed), Making the links: learning, teaching and high quality student outcomes. Prosiding the 9th Conference of the New Zealand Association of Bridging Educators (hal. 104-116). Wellington, New Zealand.

     

    Prosiding Online

    Cannan, J. (2008). Using practice based learning at a dual-sector tertiary institution: A discussion of current practice. Dalam R. K. Coll, & K. Hoskyn (Eds), Working together: Putting the cooperative into cooperative Education. Conference Proceeding of the New Zealand Association for Cooperative Education, New Plymouth, New Zealand. Diambil dari http://www.nzace.ac.nz/conferences/papers/Proceedings_2008.pdf.

  15. Pengutipan, tabel, dan gambar mengikuti aturan APA Style.
  16. Menggunakan Reference Manager dalam mengelola referensi dan pengutipan seperti Mendeley, EndNote, dan lain-lain.
  17. Artikel ditulis mengikuti template penulisan artikel Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial
  18. Menghindari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
  19. Penulis melampirkan Surat etika Publikasi  pada tahap ke-4 proses submit artikel.
  20. Segala sesuatu yang terkait dengan perizinan pengutipan atau yang lainnya yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis, termasuk konsekuensi hukum yang mungkin muncul karenanya, adalah menjadi tanggung jawab penuh penulis.
 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The manuscript is the work of the author himself, free from duplication, fabrication, falsification, plagiarism.

  2. The manuscript has followed the guidelines and templates for writing articles for Tarbawi Research Journal: Islamic Education and Social Issues.

  3. The text is 1.5-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.

  4. The author will not accept this article to other journals, unless it has been rejected by Jurnal Penelitian Tarbawi: Islamic Education and Social Issues.

  5. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.