Efektifitas Media Visual Untuk Meningkatkan Kompetensi KeterampilanAnakDidik Dalam Melaksanakan Shalat Sunnah Rawatib

(Classroom Actioan Reseacrh)

Authors

  • H Imanuddin IAI Hamzanwadi NW Pancor Lombk Timr
  • H Hudatullah Muhibuddin Abdul Aziz IAI Hamzanwadi NW Pancor Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v5i2.294

Keywords:

Media visual, kompetensi ketarampilan, sholat sunnah rawatib

Abstract

Dalam tahun-tahun belakangan ini telah terjadi pergeseran paradigma dalam pembelajaran kearah paradigma konstruktivisme (merancang dan membangun). Media pembelajaran meliputi berbagai jenis, antara lain: Pertama, Media gerafis atau media dua dimensi, seperti gambar, foto, grafik atau diagram; Kedua, Media model solid atau media dimensi tiga, seperti model-model benda ruang dimensi tiga, diorama, dsb. Ketiga, Media proyeksi seperti film, filmstrip, OHP; Keempat, Media informasi, computer, internet. Kelima, Lingkungan.

Tulisan ini kami sajikan dari hasil penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas.Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai.

Pembelajaran menggunakan media merupakan salah satu tipe pembelajaran yang kreatif dan menyenagkan. Pembelajaran yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran lebih baik dari pada metode ceramah dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa dalam melaksanakan shalat sunnah rawatib.

Dari pengalaman dilapangan tidak sedikit gurudalam proses pembelajaran sangat jarang menggunakan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan pembelajaran monoton dan jauh dari kreatifitas da hasilnya tentu bisa ditebak yaitu hasil belajar siswa menjadi rendah dan sulit mencapai kompetensi standar. Oleh sebab itu salah satu upaya yang harus dicoba untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan mencoba menggunakan media visual  dalam proses belajar mengajar sehingga peserta didik akan lebih mudah mengerti dan dapat dengan mudah menuangkan konsep-konsepnya yang begitu banyak ke dalam bentuk  yang simpel.

References

/2016/06/20/18:00/penerapan-media-audio-visual-untuk-meningkatkan-pemahaman-dan-daya-tangkap-siswa-dalam-menyimak-materi-pelajarankhususnyapadamata-pelajaran-sains/

Arief S. Sadiman,dkk, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatannya,(Jakara: PT RajaGrafindo Persada, 2005)

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta : Rajawali Pers, 2009)

Daryanto, Media Pembelajaran,(Bandung: Satu Nusa, 2010)

H. Humaidi, Diktat Perkuliahan Microteaching, Pancor Lombok Timur NusaTenggara Barat, 2007

Hamalik, OemarProses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009)

Muhibbin Syah,Psikologi Belajar, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011)

Nana Sudjana, Dasar-dasar proses belajar mengajar,( Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2004)

Noehi Nasution, dkk. Psikologi Pendidikan(Jakarta: Universitas Terbuka,

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar,(Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002)

Syaiful Bahri Djamarah, ZainAswan, Strategi Belajar Mengajar,(Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002)

Trianto, Mendesain Pembelajaran Kontekstual, (Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher, 2008)

Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, (Jakarta : Rineka Cipta, 2006)

Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan,(Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006)

Downloads

Published

2020-09-03

How to Cite

Imanuddin, H, and H Hudatullah Muhibuddin Abdul Aziz. “Efektifitas Media Visual Untuk Meningkatkan Kompetensi KeterampilanAnakDidik Dalam Melaksanakan Shalat Sunnah Rawatib: (Classroom Actioan Reseacrh)”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 5, no. 2 (September 3, 2020): 1-14. Accessed December 3, 2020. http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/294.