penanaman sikap toleransi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di madrasah aliyah ghozaliyah sumbermulyo jogoroto jombang

penanaman sikap toleransi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di madrasah aliyah ghozaliyah sumbermulyo jogoroto jombang

Authors

  • Wafi Rahayu jurnal artikel
  • Sholihul Anshori Universitas Hasyim Asy’ari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i1.380

Keywords:

Toleransi, ekstrakurikuler

Abstract

Dalam Negara Indonesia terdapat kemajemukan penduduk dan yang pasti didalamnya mendapatkan begitu banyak tentang perbedaan tentang suatu hal apapun. Dengan keadaan seperti ini dari masing-masing kita seharusnya mempunyai pendirian tentang sikap toleransi sesama untuk membangun Negara yang bersatu.

Fokus Penelitian: Bagaimana Penanaman Sikap Toleransi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Ghozaliyah Sumbermulyo Jogoroto Jombang?

Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui Penanaman Sikap Toleransi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Sumbermulyo Jogoroto Jombang.

Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memaparkan Penanaman Sikap Toleransi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler, dengan jenis penelitian studi kasus. Untuk memperoleh beberapa informasi peneliti menggunakan cara pengamatan, Tanya jawab, dan pengumpulan. Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan proses mengkaji informasi tersebut. Dimulai dari menelaah semua data yang telah tersedia. Sesudah dilafalkan, dicermati, dan dianalisis, tindakan selanjutnya ialah membuat pengecilan data menggunakan cara abstraksi. Abstraksi ialah suatu upaya mengumpulkan ringkasan inti, proses dan penjelasan-penjelasan yang perlu dijaga tetap berada di dalamnya.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) Penanaman sikap toleransi siswa disini bisa di lakukan melalui kegiatan belajar mengajar terlebih lagi kegiatan ekstrakurikuler yang dimana lebih menjadi penyalur yang baik bagi penanaman sikap toleransi pada siswa.

Kata Kunci: Toleransi; Ekstrakurikuler.

References

Rosita, Putri dan Ali Mahsum. Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmu Pendidikan Al Ta’dib Juli 2017.

T. Rahman, dan Jamilah. Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama di Sumenep. Jurnal Pelopor Pendidikan, 2. 2015.

Ahmadi, Rulam. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Fachrian, Muhammad Rifqi. Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Al-Qur’an. Depok: PT. Raja Grafindo Persada, 2018.

Firmansyah, M. Anang. Perilaku Konsumen (sikap dan pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Kountur, Ronny. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi. Jakarta: Teruna Jakarta, 2004.

Muhaimin (eds.). Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP) pada sekolah & madrasah. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Sunaryo. Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: EGC 2004.

Suryosubroto, B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Usman, M. Uzer, Lilis Setyowati. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar

Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya 1993.

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Rahayu, Wafi, and Sholihul Anshori. “Penanaman Sikap Toleransi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Madrasah Aliyah Ghozaliyah Sumbermulyo Jogoroto Jombang: Penanaman Sikap Toleransi Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Madrasah Aliyah Ghozaliyah Sumbermulyo Jogoroto Jombang”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 6, no. 1 (January 25, 2021): 35-44. Accessed April 12, 2021. http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/380.