Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Ibnu Khaldun

Authors

  • Muh. Sya'rani IAI Hamzanwadi NW Pancor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v6i1.402

Keywords:

Ibnu Khaldun, Konsep Pendidikan

Abstract

Perumusan suatu konsep pendidikan yang baik tentu tidak lepas dari tujuannya untuk membangung suatu peradaban yang baik pula, karena peradaban yang baik adalah representasi dari pendidikan yang baik. Penyelenggaraan pendidikan akan sangat berpengaruh suatu paradigma yang dijadikan landasan berpijak oleh setiap lembaga, suatu paradigma tentu akan membentuk suatu sistem pendidikan yang pada gilirannya akan mengkonstruksi cara berfikir dan bertindak orang-orang yang terlibat didalamnya.

Salah satu ilmuan muslim akhir abad pertengahan bernama Abdurrahman Zaid Waliuddin bin Khaldun yang populer dikenal dengan nama Ibnu Khaldun telah mencurahkan perhatiannya dalam pemikiran pendidikan selain ilmu-ilmu lain tentunya. Sebagai seorang yang juga berkecimpung dalam duni pendidikan, Khaldun tidak lantas menjadikanya sebagai seorang yang selalu pendapatya atau pemikiranya sejalan dengan realitas dunia pendidikan khususnya dalam bidang ajar mengajar pada saat itu, salah satu kritinya adalah metode “Indoktrinasi” terhadap anak  didik pada saat itu.

Dengan memulainya atas telaah terhadap realitas pendidikan pada masanya melalui keritik-keritknya terhadap sisitem pendidikan pada masa itu, konsep pendidikan yang ditawarkan oleh Ibnu Khaldun adalah konsep yang dianggapnya idieal terhadap model atau sistem pendidikan pada saat itu, dan metode pendidikan yang ditawarkanya ini adalah sebagai konsep untuk merekonstruksi sistem pendidikan menuju pendidikan yang lebih baik. Dalam metodologi pendidikan sendiri menurutnya, metode pembelajaran yang efektif dilakukan melalui dua cara yaitu cara malakah dan cara tadrij.

References

Affandi, Hakimul Ikhwan Akar Konflik Sepanjang Zaman: Elaborasi Pemikiran Ibn Khaldun. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. 2004

Amin, Husyan Ahmad. Sertaus Tokoh dalam Sejarah Islam. Bandung. Rosdakarya. 1995

Baali, Fuad, Ali Wardi. Ibnu Khaldun dan Pola Pemikiran Islam. Jakarta. Pustaka Firdaus. 1989

Khaldun, Ibnu. Muqaddimah, terjem. Ahmadie Thoha. Jakarta. Pustaka Firdaus. 1986

Lakhsassi, Abderrahmane. Ibn Khaldun. Dalam. Seyyed Hossein Nasr, Oliver Leaman (ed), Ensiklopedia Tematis Filsafat Islam (Buku Pertama), (Bandung, Mizan 2003) hlm. 448.

Maarif, Ahmad Syafii. Ibn Khaldun Dalam Pandangan Penulis Barat Dan Timur, (Jakarta: Gema Insani Pess, 1996)

Madjidi, Busyairi. Konsep Kependidikan Para Filosof Muslim.Yogyakarta. Al Amin Press.1997

Ridla, Muhammad Jawad. Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam. Yogyakarta. Tiara Wacana.

Suharto, Toto. Epistimologi Sejarah Kritis Ibnu Khaldun. Yogyakarta. Fajar Pustaka. 2003

Walidin AK, Warul. Konstelasi Pemikiran Pedagogik Ibnu Khaldun: Perspektif Pendidikan Modern.Yogyakarta. Nadiya Foundation. 2003

Downloads

Published

2021-01-25

How to Cite

Sya’rani, Muh. “Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Ibnu Khaldun”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 6, no. 1 (January 25, 2021): 68-76. Accessed April 12, 2021. http://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/402.