Strategi Komunikasi Dakwah Ustadz Ahmad Hulaifi

Authors

  • Silda Rusni Wardani Silda STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB

Keywords:

Strategi Komunikasi, Komunikasi Dakwah

Abstract

Peneltian bertujuan mengetahui bagaimana strategi komunikasi dakwah Ustadz Ahmad Hulaifi di Majelis Bajang Tangaji Desa Toya, Lombok Timur. Jenis penelitian menggunakan studi kasus. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer yang diperoleh melalui dokumentasi, observasi dan hasil wawancara tidak terstruktur. Data skunder didapatkan melalui referensi-referensi yang bersumber dari buku, catatan dan sejenisnya guna mendukung lengkapnya data penelitian yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 strategi yaitu membentuk karakter da’i, segmentasi mitra dakwah, dan materi dakwah yang ringan dan humoris. Dalam setiap dakwahnya Ustadz Ahmad Hulaifi selalui menyisipkan materi- materi yang humoris serta apa yang dialami para remaja setempat, sehingga banyak dari mereka yang tergerak untuk mendengarkan materi dakwah yang disampaikan

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Dakwah

References

Amal, K. (2021). Strategi Komunikasi Dakwah Ustadz Salim A. Fillah. Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 1(2).

An-Nabity dan Bahri F. (2008). Meneliti Jalan Dakwah: Bekal Perjuangan Para Da’i Sinar Grafika

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. (No Title).

Badri, M. A. (2014). Cerdas berkomunikasi ala Nabi. Pustaka Imam Asy-Syafi'.

Budi, A. S., Hermansah, T., & Fanshoby, M. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH MODERAT DI ERA NEW MEDIA (Studi Kasus Alumni International Muhammadiyah Boarding School Miftahul Ulum Pekajangan-Pekalongan). INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 3 (1).

Cangara, H. (2017). Perencanaan dan Strategi Komunikasi, Cet. 3. Jakarta, Raja Grafindo Perkasa.

Danim, S. (2002). Menjadi peneliti kualitatif.

Hamidi, T. K., & Dakwah, S. (2010). UMM Pres.

Hasil Wawancara dengan Abdul Karim, 2025

Hasil Wawancara dengan Firdaus, 2025

Hasil Wawancara dengan Musyad Akbar, 2025

Hasil Wawancara dengan Ustadz Ahmad Hulaifi, 2025

Ismail, I., & Hotman, P. (2013). Filsafat Dakwah Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam. Kencana.

Moleong, L. J., & Surjaman, T. (2014). Metodologi penelitian kualitatif.

Mubasyaroh. (2017). Strategi Dakwah Persuasif dalam Mengubah Perilaku Masyarakat. 11, 311–324

Muhtadi, A. S., & Safei, A. A. (2003). Metode penelitian dakwah. Bandung: Pustaka Setia.

Prasetyo, B. (2012). Metode penelitian kuantitatif.

Syamsuriah, S. (2020). Tantangan Dakwah di Era Milenial. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2), 164-174.

Saputra, W. (2011). Pengantar ilmu dakwah.

Setiawati, R. (2009). Ilmu Dakwah. Bandar Lampung.

Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif.

Wahyu, I. (2010). MA. Komunikasi Dakwah.

Zaenuddin, A. (2017). Mengapa Para Da’i Bisa Amat Populer di Media Sosial? Tirto.co.id. https://mengapa-para-da’i-bisa-amat-populer-di-media-sosial

Downloads

Published

2025-06-08

How to Cite

Silda, S. R. W. (2025). Strategi Komunikasi Dakwah Ustadz Ahmad Hulaifi. Al-Ittisholi: Jurnal Komunikasi Islam , 2(2), 128–145. Retrieved from https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/alittisholi/article/view/2129