Strategi Promosi Wisata Menggunakan Sosial Media Instagram di Lombok Timur
Keywords:
Strategi Promosi Wisata, InstagramAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi promosi wisata oleh bppd lombok timur melalui instagram. Penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sumber data primer penelitian ini adalah kantor kepala atau wakil badan promosi pariwisata daerah lombok timur, serta staff dan admin instagram badan promosi pariwisata daerah lombok timur. Data Sekunder adalah data yang diperoleh penulis dari sumber yang sudah ada.sumber data sekunder, merupakan data pendukung berupa buku, jurnal dan referensi, dan dokumen yang berkaitan dengan masalah penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan sesuatu selain data tersebut untuk validasi atau perbandingan data. Hasil penelitian menunjukan sosial media memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi dengan jutaan pengguna lainnya, bagi para pemasar hal ini merupakan suatu potensi dan kesempatan yang sangat besar yang bisa digunakan sebagai salah satu alat komunikasi pemasaran.
Kata Kunci: Strategi Promosi Wisata, Instagram
References
Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173(2).
Atiko, G., Sudrajat, R. H., & Nasionalita, K. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata Ri (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram@ Indtravel). eProceedings of Management, 3(2).
Bambang Supriadi, S. E., & Roedjinandari, N. (2017). Perencanaan dan pengembangan destinasi pariwisata. Universitas Negeri Malang.
Idham Kholid, Wawancara, selaku staff BPPD Lombok Timur/ pengurus media visit Lombok timur, 2025
Larita, S., Halik, A., & Tajibu, K. (2020). Instagram sebagai media promosi dinas kebudayaan dan kepariwisataan Sulawesi Selatan. Washiyah: Jurnal Kajian Dakwah dan Komunikasi, 1(1).
Mafiroh, F. (2019). pemanfaatan media sosial instagram oleh akun@ tamanwisatagenilagit sebagai media promosi dalam meningkatkan minat pengunjung taman wisata geni langit (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Melati, N., Fathorrahman, F., & ... (2022). The Influence of instagram, tiktok travel influencers and city branding on the decision to choose a tourist destination (case study on@backpackertampan in bali). Journal of Business on …, 08(01), 267–289
Moleong, L. J., & Surjaman, T. (2014). Metodologi penelitian kualitatif.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.
Moriansyah, L. (2015). Pemasaran melalui media sosial: Antecedents dan consequences social media marketing: Antecedents and consequenc-es. Jurnal penelitian komunikasi dan opini publik, 19(3), 187-196.
NapoleonCat. (2020). Instagram users in Indonesia. Retrieved February 8, 2021, from https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2020/04
Narbuko, C., & Achmadi, A. (2007). Metodologi Penelitian, cet. 8, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Naqiah, A., & Deli, D. (2020, November). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING MENGGUNAKAN INSTAGRAM PADA R_FLORIST (DIGITAL MARKETING IMPLEMENTATION USING INSTAGRAM IN R_FLORIST). In Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology (Vol. 1, No. 1, pp. 378-384).
Paramita, I. B. G., & Putra, I. G. G. P. A. (2020). New normal bagi pariwisata bali di masa pandemi covid 19. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 5(2), 57-65.
Risdiyanto, D. A., & Palupi, M. A. (2022). Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Objek Wisata Telaga Madirda (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rukmiyati, N. M. S., & Suastini, N. M. (2016). Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Wisatawan. Conference on Management and Behavioral Studies
Ruslan, R. (2004). Metode penelitian public relations dan komunikasi.
Smith, A., & Anderson, M. (2018). Social Media Use in 2018. In Pew Research Center.
Suprayogo, I. (2001). Metodologi penelitian sosial-agama. (No Title).
Susanti, D. P., Mufattahah, S., & Zulkaida, A. (2008). Penerimaan diri pada istri pertama dalam keluarga poligami yang tinggal dalam satu rumah. Jurnal Fakultas Psikologi, Univeritas Guna Dharma.
Suwantoro, G. (2019). Dasar-dasar pariwisata.
Primadany, S. R. (2013). Analisis strategi pengembangan pariwisata daerah (studi pada dinas kebudayaan dan pariwisata daerah kabupaten nganjuk) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Suwantoro, G. (2019). Dasar-dasar pariwisata.
Ulya, O. L., Lestari, H., & Rostyaningsih, D. (2023). Manajemen Strategis Pengembangan Desa Wisata Ngadimulyo Kabupaten Temanggung. Journal of Public Policy and Management Review, 12(3), 98-117.
Witarto, A. B., & Pathiassana, M. T. (2020). analisis pengelolaan pariwisata halal di desa tete batu kabupaten Lombok timur nusa tenggara barat. Jurnal Tambora, 4 (2A), 10-19
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fathus Zaadi Fathus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Al-Ittisholi: Jurnal Komunikasi Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.