Penggunaan Media Calistung Berbasis Android pada Kegiatan Belajar Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas B2 di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Siulak Mukai Kerinci
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1002Keywords:
membaca permulaan, media, strategiAbstract
Penelitian ini berdasarkan fakta dilapangan bahwasannya perlu adanya upaya meningkatkan literasi sejak dini, melalui kegiatan membaca permulaan menjadi hal penting untuk kita perhatikan, Taman Kanak-kanak Pertiwi Siulak Mukai Kerinci telah berupaya untuk optimalisasi dengan menggunakan berbagai pendekatan. Dari penelitian ini ialah menganalisis dan mendeskripsikan Penggunaan Media Calistung Berbasis Android pada Kegiatan Belajar Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas B2 di Taman Kanak-kanak Pertiwi Siulak Mukai Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dan Interpretasi data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dikemukakan kesimpulan bahwa membaca permulaan di Taman Kanak-kanak Pertiwi Siulak Mukai Kerinci berlangsung dengan menggunakan Media Calistung berbasis Android yang mana dengan penggunaan media tersebut strategi membaca permulaan di Taman Kanak-kanak menjadi upaya untuk meningkatkan semangat belajar membaca permulaan dan terlatih untuk melakukan latihan membaca permulaan.
References
Afrianti Yulia, Asdi, and Wirman. 2020. “Peinggunaan Meidia Busy Book Untuk Meinstmulasi Keimampuan Meimbaca Anak.” Jurnal Peindidikan Tambusai 4(2).
Dilfa, A.H dkk. 2018. “Buku Lagu Digital Anak Indoneisia Ceiria Untuk Taman Kanak-Kanak: Studi Peingeimbangan Meidia Audivisual.” ei-jurnal seindratasik, unp 6,No.2.
Heirman, Saleih Sirajuddin, and Nur Maharani Islami. 2017. “Peineirapan Meidia Aplikasi Eiducation Gameis Beirbasis Budaya Lokal Untuk Meiningkatkan Keimampuan Meimbaca Peirmulaan Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak.” In Seiminar Nasional Leimbaga Peineilitian UNM,.
Putri, Meiga Meilisa. 2022. “Peineirapan Strateigi Peimbeilajaran Beirorieintasi Aktivitas Siswa Pada Masa Pandeimi Di Pondok Peisantrein MTI Paninggahan.” At Tarbiyah 3(1).
Rahmadani, Fita, Dadan Suryana, and Sri Hartati. 2019. “Peingaruh Meidia Sand Papeir Leitteir Teirhadap Keimampuan Meingeinal Huruf Anak Di TK Islam Budi Mulia Padang.” Peisona PAUD. http://eijournal.unp.ac.id/indeix.php/paud/articlei/vieiw/104545.
Rustarmadi. 2002. Meitodologi Peineilitian. Surabaya. Surabaya: Uneisa Univeirsity Preiss.
Silalahi, Ulbeir. 2012. Meitodei Peineilitian Sosial. Bandung: Rineika Cipta.
Suyadi, and Ulfah Maulidya. 2015. Konseip Dasar PAUD. Bandung: Reimaja Rosdakarya.
Yeini, Indra, and Alrizka Hairi Dilfa. 2022. “Using Digital Songbooks for Singing Activitieis in Eiarly Childhood During thei Covid-19 Pandeimic.” In 6th Inteirnational Confeireincei of Eiarly Childhood Eiducation (ICEiCEi-6 2021), Padang: Atlantis Preiss.