Pengembangan Media Buku Pembelajaran Matematika Pelibatan Jari Anak Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tahfidz Jannaatul Firdaus Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1014Keywords:
Kata kunci: Media buku,Kemampuan keaksaraan,Anak Usia DiniAbstract
Proses pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini harus dimaksimalkan, salah satunya dengan memberikan Pendidikan awal yang mencakup dalam program pendidikan pada anak Usia Dini (PAUD). Menurut hasil wawancara dengan para guru yang ada di TK Tahfidz Jannatul Firdaus penggunaan metode demonstrai dan pemberian tugas (LKA) bertujuan hanya untuk meningkatkan keterampilan keaksaraan anak dan meningkatkan daya ingat pada anak, tidak bertujuan sebagai pembelajaran keaksaraan yang mudah dan menyenangkan bagi anak.Pelibatan jari anak dalam mengembangkan buku media pembelajaran matematika pada Anak Usia Dini merupakan penelitian pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D). Sugiyono (2008:67) menyatakan metode R&D merupakan metode dalam menghasilkan produk berupa media pembelajaran serta mengembangkannya melalui beberapa tahap pengujian. Peneliti menggunakan lembar observasi yang telah dipersiapkan sebelumnya.Buku Media yang ada saat ini digunakan kurang menarik untuk anak dari segi media/alat peraga, oleh karena itu guru mengharapkan adanya media yang dapat menunjang proses pembelajaran. Produksi Kegiatan produksi buku media pembelajaran matematika dengan pelibatan jari anak diawali dengan proses mendesain buku dengan konsep bisa dihitung dengan jari dilanjutkan dengan mendesain gambar jari yang menarik, kemudian melalui tahap komputerisasi menggunakan canva.Objek dalam penelitian ini adalah 17 siswa dengan 2 pengajar. Ujicoba penggunaan buku media pembelajaran matematika dengan pelibatan jari dilakukan pada saat kegiatan inti. Sedangkan untuk aktivitas siswa perolehan prosentase mencapai 95%
Kata kunci: Media buku,Kemampuan keaksaraan,Anak Usia Dini
References
DAFTAR PUSTAKA
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-80.
Budiyono. 2003. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Rineka Cipta
Rahimah, F. Y., & Izzaty, R. E. (2018). Developing picture storybook media for building the self-awareness of early childhood children. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 219-230.
Musfiqon. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Presentasi Pustaka
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yusro, S. (2013). Pembelajaran Keaksaraan Untuk Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak. Yogyakarta