Efektivitas Penggunaan Media Ular Tangga Bilangan Raksasa Untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1021Keywords:
Kata Kunci : Media ular tangga, kemampuan kognitif, anakAbstract
Abstrak
Dalam kehidupan sehari hari sebenarnya matematika sering digunakan baik itu disadari atau tidak. Di Lingkungan Pendidikan pun, Matematika adalah salah satu pelajaran yang selalu hadir disetiap jenjang pendidikan, mulai tingkat dasar bahkan di perguruan tinggi.Tetapi, bukan rahasia lagi bahwa matematika merupakan salah satu momok bagi sebagian anak. Pada tahap pra operasional anak mulai menunjukan proses berfikir yang jelas serta anak mulai mengenali beberapa simbol, tanda, bahasa, dan gambar. Konsep bilangan menjadi sangat penting karena merupakan konsep matematika yang harus dikuasai oleh anak, karena akan menjadi dasar bagi penguasaan konsep matematika selanjutnya.Lingkup perkembangan kogntif pada anak usia 4 - 5 tahun terdiri dari pengetahuan umum dan sains serta matematik. Ada berbagai cara dalam mengembangkan kemampuan mengenal dan memahami konsep angka dengan cara yang menyenangkan bagi anak, salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan alat permainan edukatif (APE) ular tangga. Penelitian pre-experimental design ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak usia 4 - 5 tahun dalam pemahaman konsep bilangan melalui media pembelajaran ular tangga bilangan. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah 10 anak yang berusia 4 - 5 tahun.
Kata Kunci : Media ular tangga, kemampuan kognitif, anak
References
DAFTAR PUSTAKA
Alpaslan, Z. G., & Erden, F. T. (2016). The status of early childhood mathematics education research in the last decade. Proceedings of the Ninth Congress of the European Society for Research in Mathematics Education, 1933–1939
Anaknto Igrea & Sri Lestari. (2012). Pembelajaran Atraktif dan 100 Permainan Kreatif untuk Anak Usia Dini.: Yogyakarta.
Chien, N. C., Howes, C., Burchinal, M., Pianta, R. C., Ritchie, S., Bryant, D. M., … Barbarin, O. A. (2010). Children’s classroom engagement and school readiness gains in prekindergarten. Child Development, 81(5), 1534–1549
Coral Seefeldt, Barbara A. wasik (2008) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Handayani, N. (2015). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Ular Tangga Anak Kelompok A Tk Dharma Wanita Sumberjo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2014/2015. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Hartini, P. (2012). Peningkatan kemampuan matematika anak melalui media permainan memancing angka di Taman Kanak - kanak Fathimah Bukareh Agam. Jurnal Pesona PAUD, I(1)
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(1). http://www.ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2018. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018.
Hijriati. (2016). Tahapan perkembangan kognitif pada masa early childhood. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 33–49.
Kurniawan, D. E., Dzikri, A., Widyastuti, H., Sembiring, E., & Manurung, R. T. (2019). Smart mathematics : a kindergarten student learning media based on the drill and practice model. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1175/1/012037
Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik PAUD dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
Mononen, R. (2014). Early mathematics interventions: Supporting young children with low performance in mathematics. Helsinki.
Nachiappan, S., Rahman, N. A., Andi, H., & Zulkafaly, F. M. (2014). Snake and ladder games in cognition development on students with learning difficulties. Review of Arts and Humanities, 3(2), 217–229.
Özçakır, B., Konca, A. S., & Arıkan, N. (2019). Children’s Geometric Understanding through Digital Activities : The Case of Basic Geometric Shapes. In International Journal of Progressive Education (Vol. 15, Issue 3). https://doi.org/10.29329/ijpe.2019.193.8
Papalia, D. E. dan R. D. F. (2015). Menyelami Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.
Saraswati, M. A., & Supriyanti, N. (2016). Developing the giant speaking snake and ladders board game for the teaching of speaking to children Aged 9-11. English Language Teaching Journal, 5(1), 9–12.
Sujiono, Y. N. (2009) Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyanto, S. (2005) Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising.
Tohir, M. (2020). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/337717927 Hasil. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/8Q9VY
Yuliyono. (2012). Dipaksa calistung saat paud, anak bisa jadi tak suka baca saat besar. GoodreadsIndonesiadiscussion. [Online]. Tersedia