Permainan Kartu Angka Untuk Meningkatkan Logika Matematika Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1094Keywords:
Logika Matematika, Bermain Kartu Angka, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kemampuan logika matematika pada siswa kelompok A di RA Tri Bhakti, Desa Claket. (2) Untuk mengetahui penerapan permainan kartu angka dalam meningkatkan logika matematika pada siswa kelompok A di RA Tri Bhakti, Desa Claket.
(3) Untuk mengetahui peningkatan permainan kartu angka dalam meningkatkan logika matematika siswa kelompok A di RA Tri Bhakti, Desa Claket setelah menggunakan permainan kartu angka.subjek penelitian ini adalah 10 anak kelompok A RA Tri Bhakti Desa Claket. Menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan analisis dengan teknik deskiptif kualitatif, hasil peneliltian menunjukkan: (1) Media dan strategi kartu angka efektif digunakan dalam pembelajaran RA Tri Bhakti usia 4-5 tahun, (2) Penggunaan kartu angka harus dibuat yang menarik agar siswa lebih semangat dalam belajar. (3) Dalam permainan kartu angka siswa dibagi menjadi tiga kelompok, masing-masing kelompok bisa memainkan kartu angka yang sudan didapatkan, sehingga setiap anak mendapatkan kesempatan belajar yang sama.
References
Agnes Dhear Nur Cahyani. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Balok Angka: Kajian Pustaka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksa. Vol. 8 No. 3. 2020.
Ajeng Rizki Safira. Media Pembelajaran Anak Usai Dini. (Gresik: Caramedia Communication. 2020)
Armstrong, T. 7 Kids Of Smart. (Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.
Citra Ayu. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Kegiatan Membilang Dengan Metode Bermain Media Kartu Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Taqifa Bangkinang. Jurnal Paud Tambusai. Vol 2 No. 2. 2016.
Fitri Ayu Fatmawati. Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini.
(Caramedia. 2020)
Hanafi, S. H., & Sujarwo, S. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Memanfaatkan Media Barang Bekas Di TK Kota Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol. 2 No. 2. 2015. Https://Doi.Org/10.21831/Jppm.V2i2.6360
Isabella Hasiana, Aniek Wirastania. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Kartu Angka Pada Taman Kannak- Kanak Kelompok A. Jurnal Wahana. Vol 69 No. 2. 2017.
Pendekatan Realistik Matematik Education (Rme) Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi 14.11.3 Sadangwetan, Kecamatan Sadang, Kabupaten Kebumen". Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi. Vol. 3 No. 1. 2021.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Reski Wahyuni Dan Sukmawati. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Papan Flanel Angka Di Tk Mentari Bulogading Kabupaten Gowa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.6 No. 1. 2020.
Suharsimi Arikunto. Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: Aksara. 2009)
Ujud Supriaji, Soliyah. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Pendekatan Realistik Matematik (RME) Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 14.11.3 Sadangwetan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen. Jurnal Kridatama. Vol. 3 no. 1. 2021.
Veryawan, Masliyah Hasibuan. Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paudia. Vol. 9 No 2. 2020.