Analisis Teknik Penilaian Perkembangan Seni Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v5i1.1095Keywords:
Teknik Penilaian perkembangan seni, Anak usia dini di TKAbstract
Penelitian ini merupakan studi kepustakaan yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian yang berjudul ”Analisis Teknik Penilaian Perkembangan Seni Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak.” dengan metode penelitian kualitatif deskriptif yang menafsirkan fenomena yang dijumpai melalui metode pengumpulan data dari buku, jurnal ilmiah, internet, artikel, catatan, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan fokus masalah yang sedang diteliti.
Dari studi kepustakaan ini di peroleh hasil penelitian bahwa penilaian perkembangan seni terhadap anak di TK merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur capaian-capaian perkembangan seni yang telah dilakukan oleh anak dalam kegiatan belajarnya. Penilaian berfungsi memberikan informasi tentang kegiatan yang telah dilalui anak, bagaimana kegiatan tersebut dilakukan, media apa yang digunakan, dan kegiatan apalagi yang akan dilakukan. Penilaian dapat digunakan sebagai bahan untuk menentukan ketercapaian setiap anak dalam mengikuti kegiatan. Penilaian perkembangan seni anak dapat dilakukan melalui teknik observasi, unjuk kerja, daftar chek, skala penilaian, hasil kerja, catatan anekdot, dan porto folio dalam kegiatan seperti coretan krayon, mewarnai gambar, membuat karya seni mosaik, bermain play dough, berkreasi dengan stik es krim, berkreasi dengan manik-manik, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Semua teknik tersebut bertujuan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana ketercapaian anak-anak dalam proses pembelajaran seninya di sekolah yang dilaporkan oleh masing-masing guru kepada orang tua anak.
References
Masnur, Muslich, , Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, cetakan kelima, 2009.
Majid , Abdul, dkk, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya, cetakan kedua, 2005.
Mulyasa, E., Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK , Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Mulyadi, H., Evaluasi Pendidikan, Malang: UIN-Maliki Press, 2010.
Saefuddin, H. Asis, dkk, Pembelajaran Efektif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2015.
Supena, Asep, dkk, Penilaian dan Laporan Perkembangan, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini,2018.
Supratiknya, Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik Nontes, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, 2012.
Warsono, dkk, Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.