efektivitas media boneka tangan dalam mengembangkan keterampilan berbicara pada anak kelompok A di RA-Alhidayah SP 3 Kabupaten sorong

keterampilan berbicara, boneka tangan

Authors

  • billa putri bunga billa Universitas Pendidikan Muhammadyah Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadyah Sorong
  • Anggita Maharani Rambe Universitas Pendidikan Muhammadyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1253

Keywords:

keterampilan berbicara, boneka tangan

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di dapati bahwa keterampilan berbicara pada anak kelompok A di RA-Alhidayah sp 3 masih rendah. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui efektivitas media boneka tangan dalam mengembangkan keterampilan Berbicara pada Anak Kelompok A di RA-Alhidayah SP 3 Kabupaten Sorong. Metode Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, dan wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dilakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jumlah subjek sebanyak 7 anak yakni 3 perempuan dan 4 laki-laki. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas media boneka tangan dalam mengembangkan keterampilan berbicara pada anak kelompok A mendapatkan hasil 1 anak mulai berkembang (MB) dan 6 anak berkembang sesuai harapan (BSH). Sehingga dapat disimpulan bahwa melalui Efektivitas media boneka tangan dapat mengembangkan keterampilan berbicara pada anak kelompok A di RA-Alhidayah Sp 3 Kab Sorong dalam hal menyampaikan (pendapat, ide dan perasaan).

 

References

Anisa, Izzatil, Widuri Monicha, and Retno Wulandari. "pengelolaan pembelajaran di kelompok bermain (KB)." Jurnal Multidisipliner Bharasumba 1.01 April (2022)

Azahar Arsyad ,Media Pembelajaran ,(Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014)

Eni Jubaedah. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. (Yogyakarta: FIP UNY, 2010)

Falahudin, Iwan. "Pemanfaatan media dalam pembelajaran." Jurnal Lingkar Widyaiswara 1.4 (2014)

Hurlock, E. B. Perkembangan Anak. (Alih bahasa: Agus Dharma). (Jakarta: Erlangga, 2008)

Henry Guntur Tarigan. (1983). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Izzati Fadilah, Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Melalui Penggunaan Media Boneka Tangan. (Jakarta 2019)

Kanuriant, Danic. "Manfaat Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 2–3 Tahun." SENDIKA: Seminar Pendidikan. Vol. 2. No. 1. 2018.

Senjaya, S. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Pidato Resmi Presiden Joko Widodo di Youtube Tahun 2019 dan Pemanfaatannya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kelas IX (Doctoral dissertation, Tadris BSH. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

billa, billa putri bunga, Yolan Marjuk, & Anggita Maharani Rambe. (2023). efektivitas media boneka tangan dalam mengembangkan keterampilan berbicara pada anak kelompok A di RA-Alhidayah SP 3 Kabupaten sorong: keterampilan berbicara, boneka tangan. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(2), 252–257. https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1253