Penerapan Permainan Playdough Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di RA Al-Hidayah Distrik Makbusun Kecamatan Mayamuk Kabupaten Sorong Papua Barat Daya

Playdough Kreativitas

Authors

  • Hesti Widya Ningsih Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (UNIMUDA)
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadyah Sorong
  • Anggita Maharani Rambe Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1256

Keywords:

Playdough, Kreativitas

Abstract

Permasalahan pada penlitian ialah anak belum dapat membuat bentuk yang sesuai dengan imajinasinya, anak hanya meniru bentuk yang anak lain buat, sehingga sebagaian besar anak hanya meniru bentuk yang temannya buat. penlitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan kreativitas anak melalui penerapan permainan playdough pada anak kelompok B. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data di di ambil dari model Miles & Huberman yang meliputi pengumpulan data, data reducition (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing atau penarikan kesimpulan/verifikasi, dengan melibatkan 10 anak kelompok B yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Setelah peneliti melakukan penerapan permainan Playdough terhadap kreativitas anak pada kelompok B ini didapati kreativitas anak dalam membuat suatu bentuk tanpa meniru teman dan tanpa paksan dari gurunya menggunakan playdough ini Mendapatkan hasil 8 anak Berkembang Sangat Baik (BSB) dan 2 anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan permainan playdough ini dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B di RA Al-Hidayah Distrik Makbusun Kecamatan Mayamuk Kabupaten Sorong Papua Barat Daya.

References

Adhykha Yuningsi, Penggunaan Playdough Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok A di Raudhatul Athfal Ismaria Al-Qur’anniyah Rajabasa Bandar Lampung. (Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Program Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2018).

Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini (Jakarta: kencana prenada media group, 2012).

Chica Haryani. “Penerapan Metode Bermain Dengan Media Playdough Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Dan Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. (Skripsi S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Bengkulu, 2014).

Iqbal, M. (2022). PENGARUH PERMAINAN PLAYDOUGH TERHADAP KREATIVITAS ANAK PAUD HARSYA CERIA BANDA ACEH. Jurnal Binagogik, 9(2).

Khodijah, S. (2020). Penerapan Media Playdough Dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Desa Wedarijaksa Pati Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Musfiroh Tadkiroatun. 2008. Cerdas Melalui Bermain, Jakarta: Grasindo

S. C. Utami Munandar, Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah (Jakarta: Grlautdo, 2016).

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Hesti Widya Ningsih, Yolan Marjuk, & Anggita Maharani Rambe. (2023). Penerapan Permainan Playdough Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di RA Al-Hidayah Distrik Makbusun Kecamatan Mayamuk Kabupaten Sorong Papua Barat Daya: Playdough Kreativitas . Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(2), 271–280. https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1256