Deskripsi Penggunaan Boneka Jari Terhadap Kemampuan Bercerita Pada Anak Kelompok B Di TK Pniel Malawele Kabupaten Sorong
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1268Keywords:
Boneka Jari, Kemampuan Bercerita.Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana guru menanamkan nilai kemampuan bercerita pada anak kelompok B di TK YPK Pniel Malawele Kabupaten Sorong. dengan adanya penggunaan boneka jari. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B dan guru kelas TK Pniel Malawele. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan data/kesimpulan. Hasil penelitian boneka jari dalam mengembangkan kemampuan bercerita anak usia dini kelompok B di TK YPK Pniel menunjukkan bahwa anak lebih aktif ketika kegiatan pembelajaran terutama kegiatan bercerita dengan media boneka jari. Guru lebih mudah berinteraksi dengan anak ketika menggunakan media boneka jari sebagai penunjang dalam proses kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hampir semua anak sudah berkembang kemampuan berbicaranya dan hanya sedikit sekali anak yang masih perlu banyak bimbingan guru dalam berbicara ketika bercerita.
References
Abdul Rahman Abror. 1998. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Tiara Wacana.
Bachri, 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak –kanak Teknik dan Prosesnya. Jakarta; Departemen Pendidikan Nasional.
Dhieni, dkk. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta : Universitas Terbuka.
Fadlan, Harianto, Efektivitas Metode Bercerita dalam Perkembangan. Anak , Jurnal Pendidikan Islam Anak, Usia Dini, Vol.l,No. l, Januari –Juni 2019
Gunarti, dkk. 2010 Metode Pengembangan Perilaku Dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.
Laraswati, 2014. “ Peningkatan keterampilan Berbicara Menggunakan Alat Permainan Edukaif (APE) Boneka Jari “ Skripsi ( Tidak Diterbitkan). FIP UNY.
Menurut Susanto ( 2011 :74). Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana.
Made, dkk. 2016. Implementasi Metode Bercerita Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Kelompok B2 Di Tk Negeri Bangli-(Online), E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 4.
Mustakim (2005:25) Bercerita anak usia din “ http:// mustakim. Blog spot. Com/ bercerita anak-anak usia dini, htm/( diakses 7 desember 2017)
Madyawati 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta : Prenadamedia Group
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nata 2001 Filsafat Pendidikan islam, Jakarta : Logos Wacana IImu , Cet Ke-4
Sugiyono (2008 ), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta.
Suharsimi Arikiunto 2006. Prosedur Penelittian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuntitatif kualitatif dan R dan D, Bandung :Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2000. Jakarta : Diperbanyak oleh PT. Armas Duta Jaya.
Yosastra 2013 Efektifitas Permainan Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguramgan Bilangan Bulat Bagi Anak Tunagrahit
Zaman dan Hemawan, 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Ratnawati, R., dan Yani, A. 2020.Pelatihan pemanfaatan kulit kerang untuk barang kerajinan masyarakat daerah pesisir Kota Bontang.Berdaya: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.36407/berdaya.v2i1.168
Widya, U. 2018. Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Usia 5-6 Tahun Di Paud Tunas Mekar Plus Tahun Pelajaran 2017 /2018.
Trianto.2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak UsiaDini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.
Wahyudi, Dwi Retna Damayanti .2005. Program Pendidikan Anak Usia Dini di Prasekolah Islam. Jakarta: PT Gramedia.
Yuliani Nurani Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks