Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kerja Sama Pada Anak Kelompok A Di PAUD Arefet Distrik Kebar Kabupaten Tambrauw
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1270Keywords:
Kerja Sama, Metode Bermain, AnakAbstract
Peneliti mengambil judul ini ketika pada saat turun penelitian melihat proses pembelajaran yang diberikan pada anak apakah suda menerapkan metode pembelajaran ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kerja sama pada anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data melalui instrumen dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menujukkan hasil pada siklus I dan II sudah mengalami peningkatan dari sebelumnya di sklus II nilai mengalami peningkatan dari sebelumnya, hal ini terlihat dari nilai yang dicapai anak pada saat pra tindakan sebesar 42,9 % dan pada saat I sekitar 75 % dan pada siklus II telah mencapai 85,7 % dengan kategori berkebang sangant baik atau (BSB). Dengan demikian nilai yang telah diperoleh pada hasil perkembangan kerja sama anak dari saling membagi permainan sudah berkembang dengan baik dalam penerapan metode bermain peran untuk meningkatkan kerja sama pada anak kelompok A di PAUD Arefet Distrik Kebar Kabupaten Tambruw suda sesuai harapan.
References
Anayanti, R. (2014). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Volume lll, Edisi 1, Juni 2014
Arikuanto, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta Darul Agrom Makamhaji Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo
Fika, N.I N. (2020) Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 2 Tahun 2020.
Gowen, L. dkk, (2013). Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media Group.
Jamilah, S. (2019). Pengembangan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Role Playing (Bermain Peran) di kelompok A Anak Usia Dini. Jurnal Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima Vol. 1 No 1 Maret 2019.
Khumaira, R. R.A.B. K. (2015). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun. FKIP, Universitas Lampung
Mulyasa, (2012: 199) Menjadia Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyengnangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Madyawati, 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta : Prenadamedia Group.
Magfiroh, A. S. L. N. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emmosional Anak Usia Dini. di PAUD/KB Al-Munawarah Pamekasan. Kido: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. E-ISSN: 2716-1641; P-ISSN: 2716-1641.
Nirwana. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Berbicara. Jurnal Instruksional, Volume 1 No. 1, Oktober 2019.
Rumilasari, N. P. D. Tegeh, l Made., Ujianti, Putu Rahayu. (2016). Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A. e-Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Univerasitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 4. No.2 Tahun 2016).
Ria, A.2013. Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Kerjasama Anak Dalam Bermain Peran Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini.
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Sudjono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suryana, D. (2016). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media Group (Devisi Kencana)
Susanto. (2017) : 122) Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana
Tri, Y.A. 2014. Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Menyusun Puzzle Berkelompok Di Rhaudhatul Athfal Masyitoh Kantongan Kelompok A Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini.