Penerapan Finger Paining Terhadap Kreativitas Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1271Keywords:
Finger Painting, Kreativitas MelukisAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Finger Painting pada anak di TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif atau deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa dari 15 anak yang mengikuti pembelajaran, dalam pengenalan metode melukis finger painting 12 anak yang mampu mengenal berbagai macam warna sehingga diperoleh juga hasil warna yang baik meskipun masih sangat sederhana. sedangkan sisahnya 3 orang anak masih terlihat bingun dalam mengkombinasikan warna dalam aktivitas melukis secara baik. Pada bagian wawancara dalam pengunaan finger painting aktivitas anak dalam melukis, bahwa anak dengan kebebasan bermain pada anak maka anak akan lebih berimajinasi dan berkreasi, yang dilakukan oleh guru adalah memberikan pengawasan dan bimbingan agar anak tidak saling menganggu, dan belajar dengan sesuai apa yang di inginkan oleh guru. Sangat terlihat semangat dan kreativitas anak dalam melukis dengan jari dan secara tidak langsung juga anak akan dapat mengenal berbagai macam warna untuk kretivitas melukis.
References
Dewi Yulianti. 2017. Bab teantang Kajian Pustaka diakses dari bab% 2020%20- %2009111247009. pdf pada tanggal 13 Juli 2023
Dynna Wahyu P.S. 2013.Pengaruh Bermain Plastisin Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau dari Bermain Secara Individu dan Kelompok Jurnal. Surabaya: Universitas Airlangga
Ma’had Al-Hanif. 2013. Manfaat Finger Painting Bagi Tumbuh kembang Anak .Artikel: TKIT Al-Hanif Klaten.
Manggalan. 2009. Hakikat Anak Usia Dini. Diakses dari www. academia.edu/839098/hakikat_anak_usia_dini pada tanggal 13 Juli 2023 jam 21.00. WIT
Martini Jamaris.(2006). Proses Kreativitas Anak. Jakarta: Airlangga.
Nurul Zahriani Jf Nur Imam Mahdi, 2020 Jurnal Kajian: Gender dan Anak IAIN Padangsidimpuan
Pratiwi Pujiastuti. 2002. Pembelajaran Kreatif Produktif untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif bagi Siswa.Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta
Rita Mariyana. 2008. Pembelajaran Kreativitas Untuk Anak Usia Dini. Diktat. PG-PAUD FIP: UPI.
Suratno. 2005 Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 14 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sumanto. 2005 Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan PendidikanTinggi.
Permendikbud. 2014 Peraturan Menteri Republik Indonesia No 147 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini https://mudarwan.files.wordpress.co2015/02/permendikbudtahun2014nomor147 pdf.diakses 13 Juni 2023).
Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Pendidikan Tinggi.
Tri Wahyulis, S. (2013). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mencetak pada Anak Kelompok B Di TK ABA Nangkod Kejobong, Purbalingga.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta