Penerapan Permainan Media Gambar Untuk Pengenalan Bilangan Pada Anak Kelompok B Di TK Oikumene Kabupaten Sorong
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1272Keywords:
Media Gambar, Pengenalan BilanganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah. Bagaimana penerapan media gambar untuk pengenalan bilangan pada anak kelompok B di TK Oikumene Kabupaten Sorong. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, karena penelitian ini akan menkaji lebih mendalam mengenai aktifitas pembelajaran peserta didik anak usia dini dengan pendekatan konsep pengenalan bilangan dengan media gambar
Hasil peneliian ini menunjukkan bahwa penerapan media gambar untuk pengenalan bilangan pada anak kelompok B, mendapatkan hasil hasil yang baik, untuk pengenalan bilangan terlihat anak sudah mampu mengenal bentuk-bentuk bilangan dengan baik, anak juga sudah mampu membedakan kelompok bilangan seperti bilangan satuan dan bilangan puluhan, anak juga sudah mampu menghubungkan bilangan dengan benda-benda yang ditunjuk, melalui media gambar ini juga meningkatkatkan kreativitas anak. Hal ini juga terlihat dari hasilobservasi dari jumlah 15 anak, terdapat 13 anak pada kategori berlkembang sangat baik (BSB) dan 2 oarng anak pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan indikator bahwa anak sudah mampu mengenal dan menyebut bentuk bilangan, anak juga sudah mampu berhitung bilangan denga menhubungkan atau menhitung jumlah benda, serta anak terlihat sangat kreatif dalam hal menghubungakan gambar dengan bentuk-bentuk bilangan dengan baik.
Kata Kunci. Media Gambar, Pengenalan Bilangan
References
Amaris, Marlina, S. 2018. Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Usia Dini, 4(2), 8–17. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.13
Amri, Nur Alim. 2017. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, danPembelajaran Volume 1 Nomor 2.
Christine, M.,. 2018. Representasi egoisme poster anti perburuanilegal organisasi World Wildlife Foundation. Semiotika: Jurnal Komunikasi, 11(2), 329-369. http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v11i2.1166
Depdiknas. 2007. Pedoman pembelajaran permainan berhitung permula di taman kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.
Firmadani, Fifit. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal: Konferensi Pendidikan Nasional (Vol. 2 No. 1 Tahun 2020)
Gunarti, Winda. 2018. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Klinken dan Juleff, E. 2015. They still can’t count assessing and supporting children’s counting difficulties in the early years of schooling. APMC, 20(5), 9-13.
Khadijah. 2016. Pengembangan kognitif anak usia dini. Medan: Perdana Publishing
Mirawati. 2017. Matematika Kreatif: Pembelajaran Matematika bagi Anak Usia Dini Melalui Kegiatan yang Menyenangkan dan Bermakna. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini
Mutiah Diana.2015. Psikologi bermain anak usia dini.Jakarta :Prenada media Group
Pradana, P. H. 2016. Pengaruh Permainan Balok Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal paud tambusai
Ismayani, A. 2010. Fun Math With Children. PT Elex Media: Jakarta.
Khadijah, Siti, 2014 Peningkatan Kemampuan Berhitung pada Anak Melaui Media Visual pada Anak TK PGRI Bandar Agung, Skripsi, Kota Bandar Agung
Sujiono, Y. N. 2009. Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT Indek: Jakarta, 6
Suryana, D. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Padang. Padang:UNP Press.
Sutarman. 2017. Dasar-Dasar Manajemen Logistik. Bandung: PT Refika Aditama
Soesanto, dan R.S. Dewi. 2011. Uji Kesesuaian Empat Isolat Trichoderma spp dan Daya Hambat In vitro terhadap Beberapa Patogen Tanaman. J. HPT Tropika, 13: 117-123.
Susanto, Ahmad, 2011. Perkembangan anak usia dini. Jakarta:prenamedia group
Sujarwo. 2011. Model-Model Pembelajaran Suatu Strategi Mengajar.Yogyakarta: CV Venus Gold Press.
Tuladia, Rini, 2014. Meningkatkan kemampuan berhitung pada anak melalui Media Gambar Buah-Buahan pada Kelompok B di TK Paripabri Kota Bengkulu, Skripsi, Kota Bengkulu.