Meningkatkan Deskripsi Pengenalan Bentuk Geometrik Melalui Media Sedotan Pada Anak Kelompok A Di Negeri Pembina Kabupaten Sorong
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1273Keywords:
Bentuk Geometrik. Media SedotanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi pengenalan bentuk-bentuk geometrik pada anak Kelompok A di TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong. Metode penelitian ini merupakan penelitain tindakan kelas (PTK) di dalamnya akan mengkaji hubungan antar dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian ditemukan beberapa temuan dalam siklus I semua anak terlihat semangat dan antusis mengikuti pembelajaran setelah mengetahui bahwa benda-benda disekitar anak itu adalah bentuk-bentuk geometrik, dan dalam pertemuan di Siklus II adalah anak sangat bersemangat dalam mengikuti pemebelajaran karena mereka sudah mampu menyebut dan mengelompokkan bentuk geometrik. Pada pembelajaran geometrik mengalami peningkatan dari 10 anak terdapat 9 anak yang peneliti masukkan pada kategori berkembang sangat baik (BSB) atau sekitar 90% pada aspek mengurutkan/penyebutan bentuk geometrik, mengelompokkan bentuk geometrik dan keakuratan dalam pembuatan gambar geometrik pada pertemuan II pada siklus II sudah mengalami peningkatan berkembang sangat baik, dengan demikian penelitian deskripsi pengenalan bentuk geometrik pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong berkembang sangat baik.
References
Aisyah, Siti, dkk. 2012. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Arikunto Suharsimi. 2006. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta : Rhineka
Aisyah. 2017. Jurnal obsesi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118–123. dari https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/06/23
Abdussakir. (2014). Pembelajaran Geometri sesuai Teori Van Hiele Lengkap [Online]. Tersedia: http://abdussakir.wordpress.com/2023/06/2/ pembelajaran-geometri sesuai-teori-van-hiele-lengkap / [2 Juni 2023]
Agung Triharso. 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Christiana, Hari Soetjiningsih, 2014, Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Terakhir, Jakarta: Kencana.
Elan dkk. 2017. Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri. Universitas Negeri Surabaya
Ernawati Nanik. 2015. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri Melalui Media Smart box Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.
Fuadiayah Nidho. 2013. Upaya Meningkatkan Pengenalan dengan Permainan Puzzle Bervariasi Pada Kelompok B TK AL- Hikmah Randudongkal – Pemalang.
Fitria Analisa. 2013. Mengenalkan dan Membelajarkan Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Gender dan Anak. Vol. 1
Hamzah Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Wijana D Widarmi, Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini dalam Wijana D Widarmi, dkk. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: Universitas Terbuka, 2013). h. 1.6
John W. Santrock 2007:14. Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta : PT. Erlangga
Masitoh dkk. 2007. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan dan ebudayaan Republik Indonesia No 146 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. 2013
Martini Jamaris, 2013 Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. (Jakarta, Ghalia Indonesia,). h. 23.
Novan, Ardy Wiyani. 2015. Manajemen PAUD Bermutu. Yogyakarta : Gava Media
Nanik, Acik Ira. 2010. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dengan Menerapkan Metode Sosiodrama Pada Kelompok B TK Aisyiyah Pucangan Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta
Lestari, KW. (2011). “Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini, Direktorat Jendral Pendidikan AUD Nonformal dan Informal.” Jakarta: Tidak Diterbitkan
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujiono, Yuliani, 2014. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka
Suyadi & Dahlia. (2015). Implementasi dan inovasi kurikulum PAUD 2013: Program pembelajaran berbasis multiple intelligences. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
Suyadi, (2014) Teori Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini dalam kajian Neurosains, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Suprapti. 2013. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Melalui Bermain Kotak Pintar