Penerapan Kegiatan Mewarnai Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Usia 5-6 Tahun Di TK YPK Pniel Kabupaten Sorong
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1274Keywords:
Mewarnai, Motorik HalusAbstract
Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai pada Usia 5-6 Tahun di TK YPK PNIEL Kabupaten Sorong. Metode penelitian ini menggunakan motode kualitatif, dengan objek penelitia TK YPK PNIEL sebanyak 15 orang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 anak terdapat 11 dengan perkembangan motorik halus yang berkembang sangat baik (BSB) dan 4 anak berkembang sesuai harapan (BSH). Dengan demikian penerapan kegiatan mewarnai dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada usia 5-6 tahun di TK YPK PNIEL Kabupaten Sorong berkembang sangat baik. Hasil ini menunjukkan hasil bahwa sebagian besar anak senang dalam mewarnai dengan pola gambar untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru. anak tidak lagi kaku dalam memegang pensil, anak sudah mampu megenal warna. Dengan diterapkannya langkah-langkah penerapan mewarnai melalui pola gambar dalam mengembangkan kreativitas anak telah menunjukkan hasil yang baik dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
References
Arifiyanti, D. 2019. Motorik Kasar Anak Usia Dini. Al_Athfal, Vol. 2 (No. 2), 36– 45.
Allen, K. Eileen dan Marotzt, Lynn R. 2017. Profil Perkembangan Anak (Valentino). Jakarta: Indeks
Femi Olivia, 2013 Gembira Bermain Corat-coret. Jakarta : Kompas Gramedia.
Hajar Pamadhi dan Evan Sukardi. 2010. Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka.
Khadijah. 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jogjakarta: Kencana
Masitoh, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka. TIM PKP PG-PAUD. Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Indeks
Melinda. 2014 “Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mewarnai di kelompok B RA Al-Maijah Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon. Skripsi, Kabupaten Cirebon
Nurul Fadial, 2014 “Meningkatkan Kemapuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B TK KKLKMD Bantul” Skripsi. Kabupaten Bantul.
Putri, Sri. 2020. Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Raudhatul Athfal Ummi Desa Tebat Gunung Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma
Pekerti, Widya. (2012). Metode Pengembangan Seni. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Patmonodewa, Soemiarti 2013. Pedidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Rhineka Cipta.
Rohani. 2019. Media Pembelajaran. Buku Diktat. Sumatra Utara. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Sadiman, Arief. dkk, 2014. Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sumantri, 2015, Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sumanto. 2006. Pengembangan Kretivitas Seni Rupa. Jakarta: Diretur Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Suyadi. 2015. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. Jakarta: Rosda.
Santrock, John. W. 2011. Perkembangan Anak Edisi 7, Jilid 2(terjemahan Sarah Genis B), Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta. Bandung
Winda Gunarti, Lilis Suryani dan Azizah Muis. (2013). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan dasar Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka