Penggunaan Media Big Book Dalam Mengenal Keaksaraan Awal Pada Anak Kelompok B Di PAUD Betlehem PGB Malawei

Authors

  • Lisa Merlan I.Mansawan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Yolan Marjuk Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Abdul Hafid Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1276

Keywords:

Bigbook,Keaksaraan Awal

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk Mengenal keaksaraan Awal pada anak kelompok B di PAUD Betlehem PGB Malawei Kota Sorong. Metode penelitian ini menggunakan motode kualitatif..Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi.Tenik analisis data menggunakan  teori dari miles dan Huberman yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa   Penggunaan media bigbook dalam mengenal keaksaraan awal pada anak kelompok B berjumlah 15 orang anak dari hasil lembar observasi terdapat 10 orang Anak yang sudah bisadan 5orang anak yang belum bisa.  Penggunaan Media Bigbook Dalam Mengenal Keaksaraaan Awal pada anak Kelompok B di PAUD Betlehem Kota Sorong Berkembang sangat baik. Halinimenunjukkan hasil bahwa sebagian besar anak senang pada saat menggunakan media bigbook,karena ukuran yang besar dan mudah di lihat oleh anak.Denganditerapkannya keaksaraan awal melalui media bigbook anak telah menunjukkan hasil yang baik dalam meningkatkan keaksaraan awal pada anak.

References

Agussani, A. "Program Pendidikan KEAKSARAAN Berbasis Kecakapan Hidup." Kumpulan Buku Dosen 1.1 (2019).

Ardiana, Rafiqoh Nurul, Neneng Sri Wulan, and Hisny Fajrussalam."PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR." Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8.1 (2023): 262-270.

Dayu, Dian Permatasari Kusuma, and Liya Atika Anggrasari."Pengaruh Penggunaan Media Big Booriting terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Pilangbango Madiun." Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam 9.1 (2017): 21-32.

Fajriani, Rahayu Nur. "Peningkatan Ketrampilan Membaca Permulaan Melalui Media Big Book Siswa Kelas I." Basic Education 7.1 (2018): 58-65.

Hadian, Latifah Hilda, Sugara Mochamad Hadad, and Ina Marlina. "Penggunaan media big book untuk meningkatkan keterampilan membaca kalimat sederhana." Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 4.2 (2018): 212-242.

Haryanti, Dwi, and Dhiarti Tejaningrum. Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Penerbit NEM, 2020.

https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/486994/NDg2OTk0

https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/22072-Full_Text.pdf

Mufti, Mahira Mujahida Ani, Anita Anita, and Evi Afiati."Peran TBM Bilik Urang dalam Pembelajaran Literasi Dasar Anak Pra Sekolah." As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7.1 (2022): 103-112.

Pane, Rezeki Noris, and Martina Abigail Isabella Sihotang. "Etnomatematika Pada Rumah Bolon Batak Toba." PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.Vol. 5. 2022.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor137 Tahun 2013

Sjamsir, Hasbi. "Peningkatan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kotak Pintar Di TK Islam Terpadu Asiah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur." Bedumanagers Journal 2.2 (2021): 30-41.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Yusro, Sulastri. "Pembelajaran Keaksaraan Untuk Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan Anak 2.2 (2013).

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Lisa Merlan I.Mansawan, Yolan Marjuk, & Abdul Hafid. (2023). Penggunaan Media Big Book Dalam Mengenal Keaksaraan Awal Pada Anak Kelompok B Di PAUD Betlehem PGB Malawei. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(2), 338–346. https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1276