Penegnalan Konsep Berhitung Melalui Permainan Media Gambar Bagi Anak Kelompok B Di PAUD Sion Dela

Authors

  • Martha Jois Ulimpa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Rokhima Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1279

Keywords:

Bermain, Perkembangan, Anak Usia Dini

Abstract

Bermain adalah hak dasar anak usia dini. Bermain merupakan kegiatan mengekspresikan diri tanpa paksaan dengan perasaan senang. Pada anak usia dini, bermain dapat memberikan banyak manfaat terhadap perkembangannya. Adapun manfaat bermain dapat mengembangkan aspek moral, motorik, kognitif, bahasa, serta perkembangan sosial anak. Manfaat bermain tidak hanya dirasakan ketika dilakukan bersama sekelompok teman, namun bermain sendiri juga dapat memberikan manfaat tersendiri bagi anak usia dini. Tentu dengan diketahuinya manfaat bermain akan menambah referensi bagi stakeholder di kalangan PAUD untuk menyisipkan unsur edukasi dalam setiap kegiatan bermain anak. Tanpa disadari anak-anak, kegiatan bermain yang anak-anak lakukan dapat memberikan suatu penilaian kepada pendidik atau orangtua. Sampai ditahap manakah perkembangan anak tersebut? Penilaian tersebut, dapat dilihat ketika anak-anak sedang asyik bermain dan tanpa disadari oleh anak bahwa ia sedang diamati proses tumbuh kembangnya.

References

Ailwood, Jo. 2003. Governing Early Childhood Education Through Play.

Contemporary Issues in Early Childhood. 4 (3) 286-299

Brewer, Jo Ann. 2007. Early Childhood Education. US: Pearson Education

Desmita, 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hayiou, Marianna E. &Thomas, 2008. Genetic And EnvironmentalInfluences On

Earlyspeech, Language And Literacy Development,Journal of Communication

Disorders 41 (2008) 397–408

Mulyasa, 2014. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Santrock, John W. 2012. LifeSpan. New York: Mac Graw Hill

Sugianto, Mayke T. 1995. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: DEPDIKBUD

Suyadi. 2014. Teori pembelajaran Anak Usia Dini: dalam kajian Neurosains.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar PAUD. Jakarta: DEPDIKBUD

Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Martha Jois Ulimpa, & Nur Rokhima. (2023). Penegnalan Konsep Berhitung Melalui Permainan Media Gambar Bagi Anak Kelompok B Di PAUD Sion Dela . Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(2), 376–383. https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1279