Meningkatkan Kosakata Anak Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B TK Permata Werur Besar

Authors

  • Sisto Sisilia Yerin Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Nur Rokhima Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1280

Keywords:

Profesionalisme, Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan awal dari pendidikan yang lebih tinggi dan menjadi kunci dalam memperbaiki kualitas bangsa. Untuk mendapatkan hasil pembentukan anak yang berkualitas salah satunya didukung oleh pendidik yang profesional. Pendidik anak usia dini yang profesional memiliki ciri yaitu memiliki landasan keilmuan yang kuat tentang perkembangan anak dan belajar efektif, bersikap optimis dan memiliki pendekatan “aku bisa”, hangat dan memiliki empati, spontanitas dan fleksibel, memiliki keahlian dalam melakukan refleksi dan analisis, memiliki kemampuan untuk berkomuniksasi dengan banyak orang, memiliki kemampuan memimpin, bermain penuh dan mampu menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan, memiliki imajinasi dan kreativitas yang tinggi, mampu merancang program dan melaksanakan pembelajaran yang mengacu pada analisis kebutuhan anak, dan kemampuan untuk secara terus menerus mendokumentasikan serta melakukan penilaian pada perkembangan pada anak

References

Ahmad Rizali, dkk. 2009. Dari Guru Konvensional Menuju Guru Profesional. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Anggun Puspita. 2012. 87,3 persen

Guru PAUD Tak Penuhi Standar Kompetensi. Diakses dari: http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_smg/2012/05/27/119581/873-Persen-Guru-PAUD-TakPenuhi-Standar-Kompetensi, tanggal 25 September 2012, jam 11:41.

Brewer, Jo Ann. 2007. Introduction to Early Childhood Education: Preschool through primary grades. USA: Pearson Education, Inc.

Direktorat PAUD. TT. Peraturan menteri Pendidikan Nasional Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendiknas

Driscoll, Amy dan Nagel, Nancy G. 2005. Early Childhood Education, Birth-8. USA: Pearson Education, Inc.

Edgington, Margaret. 2004. The Foundation Stage Teacher in Action Teaching 3, 4, and 5- Year-Olds. London: Paul Chapman Publishing

H.E. Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kostelnik, Marjorie J, et all. 2007. Developmentally Appropriate Curriculum Best Practices in Early Childhood Education. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Direktorat PAUD. 2011. Mengenal Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Diakses dari http://paud.kemdiknas.go.id/in dex.php/home/bukaLinkBerita RSS/1, tanggal 25 September 2012, jam 11:50

Redaksi. 2012. Kriteria Pendidik Lembaga PAUD. Diakses dari: http://www.koranpendidikan.co m/view/1268/kriteria-pendidik-lembaga-paud.html, tanggal 25 September 2012, jam 11:46

Rini. 2012. Dirjen PAUDNI: Dorong Guru PAUD Berpendidikan Sarjana. Diakses dari: http://www.paudni.kemdikbud. go.id/dorong-guru-paud-berpendidikan-sarjana/, tanggal 25 September 2012, jam 11:40

Suara Merdeka. 2012. Guru PAUD Belum Penuhi Standar Kompetensi. Diakses dari: http://www.lazuardibirru.org/g urupencerah/berita-gurupencerah/guru-paud-belum-penuhi-standar-kompetensi/, tanggal 25 September 2012, jam 11:44

Slamet Suyanto. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Suyanto dan Asep Djihad. 2012. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Presindo

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Sisto Sisilia Yerin, & Nur Rokhima. (2023). Meningkatkan Kosakata Anak Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B TK Permata Werur Besar . Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(2), 384–392. https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.1280