Implementasi Pembelajaran Berbasis Steam Pada Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v5i1.1466Abstract
Salah satu pembelajaran yang dipersiapkan guru untuk menyongsong anak-anak untuk menghadapi abad sekarang ini adalah dengan pendekatan STEAM. STEAM adalah sebuah penemuan, dipandang sebagai sebuah pendekatan yang mampu mendorong anak untuk mengembangkan rasa ingin tahu dan mengajukan pertanyaan sehingga anak-anak bisa membangun pengetahuan disekitar dunianya dengan mengekplorasi, mengamati, menemukan dan menyelidiki bagaimana memecahkan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi literatur. Literatur ditinjau berdasarkan metode, tahun terbit, dan temuan utama. Studi literatur dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis STEAM pada anak usia dini sangat efektif dan berdampak positif dalam aspek perkembangan anak. Penerapan pembelajaran STEAM, sangat membantu anak dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh anak serta mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak. Adanya pembelajaran berbasis STEAM menajadikan guru semakin produktif dalam menyiapakan perangkat pembelajaran yang inovatif dan kreatif guna menunjang aspek perkembangan anak usia dini.
Kata kunci: Pembelajaran STEAM, anak usia dini