Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Tunaganda

Authors

  • Ervin Nurul Affrida Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muhammad Nurrohman Jauhari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yunita Elsiana Nurjannah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v5i1.1663

Keywords:

Multimedia Interaktif, Tunaganda, Anak Usia Dini

Abstract

Anak yang mengalami tunarungu merupakan anak yang mengalami gangguan atau hambatan pada fungsi pendengaran yang salah satunya berdampak pada kesulitan dalam berkomunikasi dan menerima informasi. Selanjutnya anak yang mengalami hambatan berkomunikasi dapat berdampak pada gangguan intelektual karena informasi yang diterima juga terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis permasalahan minat belajar pada anak usia dini yang mengalami gangguan tunaganda (tunarungu-tunagrahita) melalui multimedia pembelajaran interaktif. Metode penelitian menggunakan studi pustaka dengan mengkaji dari berbagai sumber berupa jurnal, hasil penelitian, dan buku serta referensi yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berperan positif dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini berkebutuhan khusus (tunarungu-tunagrahita) . Melalui penggunaan multimedia pembelajaran interaktif anak menjadi lebih antusias dan fokus selama proses belajar sehingga diyakini anak akan mudah menangkap pesan dari pembelajaran yang disampaikan.

References

Affrida, EN., Bilad, AU. (2023). Pengenalan Huruf Abjad Pada Anak Usia Dini Dengan Gangguan Tunagrahita Ringan Melalui Pembelajaran Visuomotor. Jurnal Raudhah. Vol.11. No.1

Al Irsyad, FY,& Nugroh0, YS. (2015). Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh Dan Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect. Prosiding Snatif.

Al Irsyadi, FY, Puspitassari ,D, & Kurniawan, Y . (2019). ABAS (Ayo Belajar Sholat): Game Edukasi Pembelajaran Sholat Untuk Anak Tuna Rungu Wicara”, JAMIKA, vol. 9, no. 1, pp. 17-28.

Helmi. (2023). Game Edukasi untuk Anak Kesulitan Berbicara Berbasis Android. Jurnal Teknologi Pintar, Vol. 3, No. 1.

Juriana, dkk. (2016). Melek ABK Yuk?. Jakarta, CV. Alumgadan Mandiri.

Sari, N., & Nuraida SAB, P. (2017). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TUNARUNGU. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 1(1), 121 - 130.

Sentikhe Tumanggor, Putri Amelia Siahaan, Jansen Surya Aruan, Wina Witara Sitorus, Ita Selviana Manik, Yusnita Simare-mare, & Maria Widyastuti. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Sekolah Luar Biasa (SLB) Dalam Menggunakan Media. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 25–32.

Rasmani,Upik EE, dkk. (2023). Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 7, No. 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3480

Mirnawati.(2019). ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS “Hambatan Majemuk”. Sleman, Deepublish.

Roosinda, Fitria Widiyani, dkk. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta, Zahir Publishing.

Setiawati, Erni., Affrida, Ervin Nurul. (2024). Implementasi (Planning Matrix) Perencanaan pada Anak Usia 4-5 Tahun dengan Gangguan Lambat Bicara. Jurnal IJEC. Vol.6 No.1

Downloads

Published

2024-08-20

How to Cite

Ervin Nurul Affrida, Muhammad Nurrohman Jauhari, & Yunita Elsiana Nurjannah. (2024). Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Usia Dini Tunaganda. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 5(1), 48–53. https://doi.org/10.37216/aura.v5i1.1663