Efektivitas Pendekatan Berbasis Proyek Terhadap Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak di TKN Araudah Salsabila Simeulue

Authors

  • Nova Nanda Sari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Faizatul Faridy Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1731

Keywords:

Pendekatan Berbasis Proyek, Kecerdasan Naturalis, Anak Usia Dini.

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas pendekatan berbasis proyek terhadap pengembangan kecerdasan naturalis anak di TKN Araudah Salsabila Simeulue. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Menggunakan jenis pre-eksperimen dengan design one group pretest-posttest. Adapun populasi Dalam penelitian ini adalah 8 orang anak dan sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang anak. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan metode total sampling, mengumpulkan data melalui lembar observasi. Data dianalisis dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata skor pretest sebesar 21,625 dan rata-rata skor posttest sebesar 47,375. Uji normalitas kelas eksperimen pretest menunjukkan hasil sebesar 0,131<0.05 dan kelas eksperimen posttest 0.063>0.05. Berdasarkan data ini, hipotesis nol (Ho) ditolak yang berarti pendekatan berbasis proyek terhadap pengembangan kecerdasan naturalis anak berpengaruh pada anak usia dini. Dan hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan diterima yang berarti pendekatan berbasis proyek terhadap Pengembangan kecerdasan naturalis tidak memiliki dampak signifikan pada anak usia dini.

References

Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Berkarakter. https://books.google.co.id/books?id=O0xWEAAAQBAJ, A

Harfiani, R. (2021). Pendekatan Multiple Intelligences: (Membangun potensi kecerdasan anak usia dini). Medan: Umsu Press.

Dr. Munir Yusuf, M.Pd. (2023). Inovasi Pendidikan Abad 21: Perspektif, Tantangan dan Praktik Terkini. Yogyakarta: Media Straits

Dr. Mashud (2022). Riset Aksi Berbasis Project Based Learning Kelas Pendidikan Jasmani (PTK) & Kelas Olahraga (PTO). Sidoarjo: Zifatama Champion

Rohendi, A., Ibrahim, F. W., & Faridy, F. (2021, Juni). “Kecerdasan Naturalis dalam Perspektif Al-Qur'an”. Dalam ICIE: Konferensi Internasional Pendidikan Islam (Vol. 1, No. 1, hlm. 125-138).

Amelia, R., Chotimah, S., & Putri, D. (2021). “Pengembangan bahan ajar daring pada materi geometri SMP dengan pendekatan project based learning berbantuan perangkat lunak Wingeom”. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 759-769.

Faridy, F., & Rohendi, A. (2022). “Pembelajaran berbasis proyek memiliki dampak positif dalam menumbuhkan kecerdasan naturalis pada anak”. Kesetaraan Gender: Jurnal Internasional Studi Anak dan Gender, 8(1), 23-34.

Prof. Dr. Yuliani Nurani, (2023). Kurikulum Bermain Kreatif Berbasis Multiple Intelligences. UNJ PRESS

Mulyana A.Z. Rahasia menjadi guru hebat. Grasindo. 178-179

Sutapa Stage, (2020), Aktivitas Fisik Motorik dan Pengembangan Kecerdasan Ganda pada Usia Dini, Depok: PT Kanisius

Yenni Herwati, Rakimahwati, (2021), Buku Panduan Video Berbasis Model Pembelajaran Inquiri untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak di TK, Jakarta: Micro Media Technology,

Notodmojo, (2012), Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta

Eddy Roflin, Iche Andriyani Liberty, (2021). Pariyana. Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Medis. Pekalongan: Penerbit NEM

Sinta dan Angelica Ester, Metodologi Penelitian Vokasi, Yogyakarta: Deepublish Digital

Supardi, (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Jakarta: Change Publication.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Pengembangan Kecerdasan Ganda, Modul I. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2024-12-02

How to Cite

Nova Nanda Sari, & Faizatul Faridy. (2024). Efektivitas Pendekatan Berbasis Proyek Terhadap Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak di TKN Araudah Salsabila Simeulue. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 5(2), 54–63. https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1731