Efektivitas Pendekatan Berbasis Proyek Terhadap Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak di TKN Araudah Salsabila Simeulue
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1731Keywords:
Pendekatan Berbasis Proyek, Kecerdasan Naturalis, Anak Usia Dini.Abstract
Penelitian ini mengkaji efektivitas pendekatan berbasis proyek terhadap pengembangan kecerdasan naturalis anak di TKN Araudah Salsabila Simeulue. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Menggunakan jenis pre-eksperimen dengan design one group pretest-posttest. Adapun populasi Dalam penelitian ini adalah 8 orang anak dan sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang anak. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan metode total sampling, mengumpulkan data melalui lembar observasi. Data dianalisis dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata skor pretest sebesar 21,625 dan rata-rata skor posttest sebesar 47,375. Uji normalitas kelas eksperimen pretest menunjukkan hasil sebesar 0,131<0.05 dan kelas eksperimen posttest 0.063>0.05. Berdasarkan data ini, hipotesis nol (Ho) ditolak yang berarti pendekatan berbasis proyek terhadap pengembangan kecerdasan naturalis anak berpengaruh pada anak usia dini. Dan hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan diterima yang berarti pendekatan berbasis proyek terhadap Pengembangan kecerdasan naturalis tidak memiliki dampak signifikan pada anak usia dini.
References
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep dan Teori. Bumi Berkarakter. https://books.google.co.id/books?id=O0xWEAAAQBAJ, A
Harfiani, R. (2021). Pendekatan Multiple Intelligences: (Membangun potensi kecerdasan anak usia dini). Medan: Umsu Press.
Dr. Munir Yusuf, M.Pd. (2023). Inovasi Pendidikan Abad 21: Perspektif, Tantangan dan Praktik Terkini. Yogyakarta: Media Straits
Dr. Mashud (2022). Riset Aksi Berbasis Project Based Learning Kelas Pendidikan Jasmani (PTK) & Kelas Olahraga (PTO). Sidoarjo: Zifatama Champion
Rohendi, A., Ibrahim, F. W., & Faridy, F. (2021, Juni). “Kecerdasan Naturalis dalam Perspektif Al-Qur'an”. Dalam ICIE: Konferensi Internasional Pendidikan Islam (Vol. 1, No. 1, hlm. 125-138).
Amelia, R., Chotimah, S., & Putri, D. (2021). “Pengembangan bahan ajar daring pada materi geometri SMP dengan pendekatan project based learning berbantuan perangkat lunak Wingeom”. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 759-769.
Faridy, F., & Rohendi, A. (2022). “Pembelajaran berbasis proyek memiliki dampak positif dalam menumbuhkan kecerdasan naturalis pada anak”. Kesetaraan Gender: Jurnal Internasional Studi Anak dan Gender, 8(1), 23-34.
Prof. Dr. Yuliani Nurani, (2023). Kurikulum Bermain Kreatif Berbasis Multiple Intelligences. UNJ PRESS
Mulyana A.Z. Rahasia menjadi guru hebat. Grasindo. 178-179
Sutapa Stage, (2020), Aktivitas Fisik Motorik dan Pengembangan Kecerdasan Ganda pada Usia Dini, Depok: PT Kanisius
Yenni Herwati, Rakimahwati, (2021), Buku Panduan Video Berbasis Model Pembelajaran Inquiri untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak di TK, Jakarta: Micro Media Technology,
Notodmojo, (2012), Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta
Eddy Roflin, Iche Andriyani Liberty, (2021). Pariyana. Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Medis. Pekalongan: Penerbit NEM
Sinta dan Angelica Ester, Metodologi Penelitian Vokasi, Yogyakarta: Deepublish Digital
Supardi, (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian, Jakarta: Change Publication.
Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Pengembangan Kecerdasan Ganda, Modul I. Jakarta: Universitas Terbuka