Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Buku Cerita Bergambar Pada Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun Di RA As-Shibyan Jurit
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1747Keywords:
Metode cerita, Media buku cerita bergambar, Kemampuan berbicaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bercerita menggunakan media buku cerita bergambar pada kemampuan berbicara anak usia dini di RA As-Shibyan Jurit Kecamatan Pringgasela. Peneliti menemukan beberapa cara yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran bercerita diantaranya rancangan pesiapan guru, persiapan media, kegiatan inti, kegiatan penutup dan penilaian yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran yang dalam kemampuan berbicara anak di RA As-Shibyan Jurit Kecamatan Pringgasela.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi nonpartisipan, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verification. kemudian validitas data peneliti menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian yang dilakukan di RA As-Shibyan Jurit dalam menerapkan metode bercerita sekolah sudah menerapkannya dengan bagus guru dalam proses pembelajaran juga menyesuaikan dengan tingkat perkembangan yang dimiliki anak. Selain itu, dalam proses pembelajaran dalam kelas guru sudah menyediakan media buku cerita bergambar sehingga anak-anak tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran. Namun masih ada kendala-kendalah yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran metode bercerita dengan menggunakan media buku cerita bergambar yaitu ekspersi guru yang masih kaku,terbatasnya waktu, terbatasnya buku cerita serta guru kurang kreatif. Penerapan metode bercerita dengan menggunakan media buku cerita bergambar dapat memberikan tingkat kemampuan berbicara anak. Hal ini terlihat dari indikator tingkat pencapaian kemampuan perkembangan bahasa anak.
References
Ahmad Susanto, Pendidikan Anak Usia Dini Konsep dan Teori, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018.
Anita Yus, Penelitian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak, Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, 2011.
Arief Furchan, Pengatar Penelitian Dalam Pendidikan,Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar, 2007.
Ayu Rahayu, Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Gambar Seri Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini diTaman Kanak-kanak Dharma Wanita Sukarame Bandar Lampung, Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung, 2018.
Hajrah, Pengembangan Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini, Jurnal. Universitas Negeri Makasar,2018.
Hasnida, Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pengajaran Pada Anak Usia Dini. Jakarta: PT Luxsiman Metro Media, 2015.
Hilda Zahra Lubis, Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal. UIN Sumatera Utara. Vol. 06 No.02,2018.
Ika Yunita, Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A1 Di TK Kartika III- 38 Kentungan, Depok, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.
Jurnal Pendidikan AURA, Efektivitas Media Boneka Tangan Dalam Mengembangkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok Di RA Al-Hidayah SP 3 Kabupaten Sorong,Jurnal, 2023
Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Jari Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak TK Idhata Cambayya.Jurnal.2021
Jurnal Program, Studi Pendidikan and Anak Usia, Upaya Peningkatan Kosa Kata Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Gambar Seri di TK Mentari Cipondoh,Jurnal,2017.
Jurnal Ilmiah and Athor, Upaya Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Bahasa Lisan Anak Melalui Metode Bermain Peran dan Metode Cerita di TK Bhayangkari 23 Bandar Lampung, Jurnal,2017.
Laili Fitriani Afriani, Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B TK Kusuma Mulia II Kalirong, Desa Kalirong Kec. Tarokan Kab. Kediri,Skripsi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Rosdakarya, 2014.
Lilis Madyawati, Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta:Prenada Media Group, 2016.
Masnipal, Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.
Moeslichatoen, Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak.Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja 79 Rosdakarya, 2011.
Oemar Hamalik, Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti, 2014.
Pupuh Fathurrahman dan Sobry, Strategi Belajar Mengajar Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum Dan Islami. Bandung: PT Refika Aditama, 2014.
Ririn Anggraini, Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Menggunakan Media Gambar Pada Kelompok B TK Aba Brosot II Galur Kulon Progo,Skripsi,Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.
Slamet Suyanto, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Dinas Pendidikan Nasional 2005.
Soewarno, Dkk, Kendala-Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis Komputer Di SD Negeri 10 Banda Aceh(Jurnal Limiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah, 2016),Vol. 1, No. 1 Diakses Pada Tanggal 14 september 2024 Pukul 14:28.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.