Strategi Bermain Stick Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Muslihatun Maulidian Universitas Mataram
  • Suci Karlina RA Hidayatul Ihsan NW Tebaban
  • Muhamad Marzuki Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1777

Keywords:

Stick Angka, Berhitung Permulaan, anak usia dini

Abstract

Kemampuan berhitung permulaan adalah salah satu pembelajaran yang diajarkan kepada anak usia dini terutama pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini berfokus pada peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada anak RA Hidayatul Ihsan NWDI Tebaban yang masih kurang karena strategi dan metode mangajar guru yang masih konvensional. Oleh karena itu diperlukan strategi permainan yang bisa meningkatkan kemampuan berhitung permualaan anak usia 5-6 tahun yaitu strategi bermain stick angka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok B RA Hidayatul Ihsan NWDI Tebaban. Data penelitian didapatkan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan yaitu persentase anak yang Mulai Berkembang (MB) 13%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 27% dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 27%. Jumlah ini masih belum mencapai indikator keberhasilan BSB yang ditentukan yaitu 80%. Sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada pertemuan ke II siklus II, Jumlah persentase Mulai Berkembang 7%, Berkembang Sesuai Harapan  13%  dan Berkembang Sangat Baik (BSB) 80% dan penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian melalui permainan stick angka secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi kemampuan berhitung permulaan anak

References

Ameliasari T. Kesuma, Menyusun PTK itu Gampang, (Jakarta: Erlangga, 2013), h. 2

Ampolina, & Fadlillah. (2023). Implementasi kecerdasan logika matematika dalam pembelajaran anak usia dini. Journal of Education for All, 1(2), 140-147. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/370456986

Basri. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Sekolah Dasar. [Online]. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/327536204_Per_kembangan_Kognitif_Anak_Sekolah_Dasar

Himmatul Farihah, Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka, (Jurnal Prosiding Seminar Nasional & Temu Ilmiah Jaringan Peneliti IAI Darussalam Blok Agung Banyuwangi ISBN : 978-602-50015-0-5, tahun 2015), h. 216

IG.A.K. Wardani, Kuswaya Wihardit, penelitian tindakan kelas (Tanggerang selatan: Universitas Terbuka , 2020)

Nisa', T. F., & Karim, M. B. (2017). Profil kemampuan matematika anak usia dini melalui learning to think different. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 4(2). Diakses dari https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaud/article/view/3576

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Muslihatun Maulidian, Suci Karlina, & Muhamad Marzuki. (2024). Strategi Bermain Stick Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 5(2), 113–122. https://doi.org/10.37216/aura.v5i2.1777