Implementasi Model Pembelajaran ATIK Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Ecoprint

Authors

  • Maratus Sholekhah STAI Darussalam Lampung
  • Dewi Trismahwati Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Lampung
  • Retno Risti Darmawanti Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2101

Keywords:

Model ATIK; Motorik Halus; Ecoprint; Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Model Pembelajaran Amati, Tiru, dan Kerjakan (ATIK) guna meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan ecoprint di TK PGRI Tanjung Sakti, Desa Sadar Sriwijaya, Kabupaten Lampung Timur. Model ATIK mengajarkan anak-anak untuk mengamati suatu aktivitas, menirunya, dan kemudian menerapkannya dalam praktik nyata. Ecoprint, sebagai metode pewarnaan kain alami menggunakan dedaunan, dipilih karena dapat melatih keterampilan motorik halus anak melalui aktivitas seperti menempel, menata, dan menumbuk daun pada kain. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model ATIK dalam kegiatan ecoprint secara signifikan meningkatkan kemampuan motorik halus anak-anak. Selain itu, metode ini juga meningkatkan keterampilan kognitif, kreativitas, serta kesadaran lingkungan anak.

References

Ayuni, F. J. P., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Dalam Pembelajaran Literasi Baca Anak Usia Dini Di Rumah Calistung Abaca Kediri. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1641–1650.

Dini, J. (2021). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520.

Dr. Amini, S. A. M. P., & Nurman Ginting, S. P. I. M. P. I. (2024). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Ptk, Dan R&D). umsu press. https://books.google.co.id/books?id=Erf4EAAAQBAJ

Drs. Ahmad Susanto, M. P. (2015). Bimbingan & Konseling di Taman Kanak-kanak. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=Blc_DwAAQBAJ

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh membatik ecoprint terhadap perkembangan kreativitas seni anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1143–1155.

Fitri Ayu Fatmawati, M. P. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Caremedia Communication. https://books.google.co.id/books?id=mhn9DwAAQBAJ

Irianingsih, N. (2018). Yuk Membuat ECO PRINT motif kain dari daun dan bunga. Gramedia Pustaka Utama.

Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: teori dan praktik. Prenada media.

Latifah, N., & Ismet, S. (2023). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Islam Istiqamah Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(1), 80–87.

Prof. Dra. Herawati Susilo, M. S., Dra. Husnul Chotimah, M. P., & Yuyun Dwita Sari, S. P. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Bayumedia. https://books.google.co.id/books?id=TApZEAAAQBAJ

Rizqiyyatunnisa, R., & Mahdi, N. I. (2021). Penyelenggaraan PAUD Formal, Non Formal dan Informal Di KB TK IK Keluarga Ceria. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(1), 54–74.

Rohanah, S., & Watini, S. (2022). Meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mewarnai dengan model ATIK pada kelompok B di RA Manarul Huda. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1725–1736.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003). https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Downloads

Published

2025-07-05

How to Cite

Maratus Sholekhah, Dewi Trismahwati, & Retno Risti Darmawanti. (2025). Implementasi Model Pembelajaran ATIK Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Ecoprint. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 6(1), 135–142. https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2101