Penggunaan Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi Braja Asri

Authors

  • Diana Puspita Sari STAI Darussalam Lampung
  • Siti Khomsiyati Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Lampung
  • Retno Risti Darmawanti Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam Lampung

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2105

Keywords:

bahasa usia dini; kreativitas; bagian longgar

Abstract

Dalam kegiatan belajar kelas B TK Pertiwi Braja Asri menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran di kelas masih belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran sehingga sebagian besar anak terlihat kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran karena merasa bosan dengan kegiatan yang dilakukan. Hal inilah yang menjadi penyebab masih rendahnya tingkat kreativitas anak kelas B (usia 5-6 tahun) di TK Pertiwi Braja Asri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penggunaan media losse parts dapat meningkatkan kreativitas anak di TK Pertiwi Braja Asri Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini akan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam rangka melakukan perbaikan pembelajaran di kelas agar kemampuan atau keterampilan yang diharapkan dapat meningkat lebih optimal. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 pada anak kelompok B di TK Pertiwi Braja Asri dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui penggunaan media loose parts. Peningkatan kreativitas tersebut ditunjukkan dengan hasil pencapaian persentase yang masuk dalam kriteria kreativitas tinggi mencapai 71% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 91% pada siklus 2.

References

Aqip, Zainal. (2019). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2019). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asih, M., Ali, M., Astuti, I. (2016). Peningkatan Kreativitas Melalui Teknik Mozaik Dengan Media Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(9). h. 1-12. Diakses tanggal 19 September 2024 pada https://doi.org/10.26418/jppk.v4i9.11418

Farida, A. (2020). Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Al-Musfiroh Gunungsindur, Jawa Barat (Bachelor's thesis). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Farikhah, A., AMar’atin, A., Afifah, L, & Safitri, R. (2022). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui metode pembelajaran loose part. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). h. 61-73. Diakses tanggal 4 September pada https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3493

Jamaris, M. (2019). Perkembangan dan pengembangan anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: Gramedia.

Kartika, A. (2019). Gambaran kreativitas anak usia 5-6 tahun (Skripsi Sarjana). Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2019), h. 17

Mutiyah, M. (2022). “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran Melalui Model Team Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas VI Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 di SD Negeri 3 Gandusari Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek”. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(3), 438-444. Diakses tanggal 24 September 2024 pada: https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i3.513

Purwanto, N. (2019). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Safitri, D., Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1). h. 42. Diakses tanggal 28 Agustus 2024 pada https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645

Sefriyanti. (2022). Pengaruh media pembelajaran berbasis (STEAM) Science, technology, engineering, art, mathematic dari bahan loose parts terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Thesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Sholehah, A. M., Hibana, H., Na’imah, N., & Rahma, A. (2022). Desain Kegiatan Printing (Mencetak) Berbasis Bahan Alam dalam Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). h. 5003-5017. Diakses tanggal 5 September 2024 pada https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2804/pdf

Siantajani, Y. (2020). Loose Parts Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang: PT Sarang Seratus Aksara.

Susanto, A. (2019). Teori belajar dan pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Tatminingsih, S., Cintasih, I. (2019). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 2. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2025-07-05

How to Cite

Diana Puspita Sari, Siti Khomsiyati, & Retno Risti Darmawanti. (2025). Penggunaan Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pertiwi Braja Asri . Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 6(1), 125–134. https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2105