Pengaruh Syllabic Method Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Khalifah Makassar 3

Authors

  • Ririn Dwi Ariani Universitas Negeri Makassar
  • Parwoto Universitas Negeri Makassar
  • Hasmawaty Universitas Negeri Makassar
  • Fitriani Dzulfadhilah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2164

Keywords:

Syllabic Method, Augmented Reality, Membaca Permulaan, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Syllabic Method Berbasis Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan Metode Suku Kata berbasis Augmented Reality terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5–6 tahun di TK Khalifah Makassar 3. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Syllabic Method berbasis Augmented Reality, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca permulaan anak usia 5–6 tahun. Desain penelitian yang diterapkan adalah Post-Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel, yaitu sebanyak 30 anak yang terdiri atas 15 anak dalam kelompok eksperimen dan 15 anak dalam kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes setelah perlakuan, dan dokumentasi. Langkah-langkah pengumpulan data mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan post-test, serta analisis hasil. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik non-parametrik melalui uji Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Uhitung yaitu 6,5 dan Utabel yaitu 64, maka diperoleh Uhitung 6,5 ˂ Utabel 64 = H₀ ditolak dan H₁ diterima. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Metode Suku Kata berbasis Augmented Reality terhadap kemampuan membaca permulaan anak.

References

Anisyah, S., & Narotama, U. (2024). Meningkatkan Literasi Membaca Anak Usia Dini Dengan Syllabic Method Pada Kelompok B T 8(1), 751–758.

Atikah, C., Rusdiyani, I., & Ridela, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Tema Binatang Purba Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B (5-6) Tahun Di Tk Tunas Insan Kamil Kota Serang. Jea (Jurnal Edukasi Aud), 9(2), 89–101. Https://Doi.Org/10.18592/Jea.V9i2.9326

Atmiarti, Padlurrahman, & Wazni, M. K. (2024). Pengaruh Permainan Konstruktif Dan Kecerdasan Linguistik Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Sebasa: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 88–102.

Cahyaningtyas, A. S. (2020). Pembelajaran Menggunakan Augment Reality Untuk Anak Usia Dini Di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 20. Https://Doi.Org/10.33394/Jtp.V5i1.2850

Etivali, A. U. Al. (2019). Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Jurnal :Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–237.

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. Https://Doi.Org/10.52850/Jpn.V22i2.3824

Hajerah, & Syamsuardi. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak Di Tk Insan Cita Kec. Masamba Kab. Luwu Utara. Prosiding Seminar Nasional Lp2m Unm, 633–636.

Hasmawaty, Purwanti, D., Hajerah, Intisari, & Mahmud, B. (2023). Pengaruh Bermain Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Taman Kanak-Kanak Usia 5-6 Tahun. Science Signaling, 1(2), 746–759. Http://Webs.Ucm.Es/Info/Biomol2/Tema 01.Pdf%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Addr.2009.04.004

Implikasinya, S., & Pembelajaran, D. (2023). Teori Belajar Kognitif Jean Piaget Dan J.S.Bruner Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Khaerul Anwar 1. 13, 204–223.

Kristin, F. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ips. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). Https://Doi.Org/10.24176/Re.V8i2.2356

Mustika, M. (2023). Pengaruh Metode Aps (Alphabetic Phonic Syllabic) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Murid Tunarungu Kelas Iv Di Slb Negeri 1 Gowa. Baseline 1, 1–13.

Prasetya, A. (2024). Penggunaan Augmented Reality Pada Aplikasi Pembelajaran Interaktif Untuk Anak. Scientica: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 1(69), 1–23.

Prillyanti, D. N. B., & Anggaryani, M. (2023). Development Of Virtual Reality On Material: Archimedes’ Law (Virma) To Improve Student Learning Outcomes. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 10(3), 311–325. Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jitp/Article/View/64523

Purnamasari, C., Amal, A., & Herlina, H. (2021). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Di Taman Kanak-Kanak. (Japra) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (Japra), 4(1), 78–89. Https://Doi.Org/10.15575/Japra.V4i1.11782

Suryaatmaja. (2020). Metadata, Citation And Similar Papers At Core.Ac.Uk 4. Донну, 5(December), 118–138.

Trisnawaty, S., Amal, A., & Syamsuardi, S. (2023). Pengaruh Media Lego Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Jkip), 1(4), 336–341. Https://Doi.Org/10.61116/Jkip.V1i4.226.

Downloads

Published

2025-06-03

How to Cite

Ariani, R. D., Parwoto, Hasmawaty, & Fitriani Dzulfadhilah. (2025). Pengaruh Syllabic Method Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Khalifah Makassar 3. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 6(1), 10–19. https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2164