Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kreatif Anak Usia 3-4 Tahun di KB Aziziah
Abstract
Kreativitas Merupakan salah satu modal penting yang perlu dimiliki siswa dan guru untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Kreativitas ini merupakan kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru yang bisa membantu memecahkan masalah. Dengan itu, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) menggunakan media plastisin dalam meningkatkan kemampuan kreatif anak. Pembelajaran berbasis proyek dipilih sebagai metode yang memungkinkan anak untuk belajar secara aktif melalui eksplorasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah nyata, sehingga dapat merangsang kreativitas. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di KB Aziziah. Dengan menggunakan data teknik observasi kepada anak, wawancara kepada guru dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek menggunakan media plastisin mampu meningkatkan kreativitas anak, dengan anak-anak menunjukkan keberanian bereskpresi dan kemampuan berkolaborasi yang lebih baik. Hal ini di sebabkan karena siswa diajak dengan cara mengerjakan proyek yang berfokus pada penerapan pengetahuan dan keterampilan untuk menyelesaikan tantangan dunia nyata. Selain itu juga, pembelajaran berbasis proyek ini mampu memberikan kebebasan kepada anak untuk berkreativitas sesuai dengan ide yang dimilikinya dan imajinasinya dalam proses belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan metode pembelajaran yang efektif untuk anak usia dini serta memperkaya khazanah ilmu pendidikan.