Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia Usia 8 Tahun di PAUD Spesial Nasywa
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2358Keywords:
disleksia, strategi pembelajaran, anak usia dini, metodeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak Disleksia usia delapan tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode multisensory, pembelajaran berbasis media interaktif seperti flash card dan puzzle huruf, serta pengulangan secara konsisten mampu meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia. Strategi seperti membaca keras (reading aloud), metode bercerita, dan pemberian apresiasi juga berkontribusi dalam membangun kepercayaan diri anak. Anak yang awalnya kesulitan mengenali huruf, angka, dan warna menunjukkan kemajuan signifikan setelah menjalani terapi selama empat bulan. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan individual dan dukungan emosional dari orang tua serta guru untuk membantu anak disleksia mengatasi hambatan belajar mereka.
References
Aliansa Fitriani, D. D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Media Pop-Up Book Pada Anak Disleksia Permulaan Melalui. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(2), 141–146.
Bujangga, H. B. (2022). Metode Reading Aloud dalam Membantu Siswa dengan Kesulitan Belajar Disleksia. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 63–78. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.482
Dewi, K. Y. F., & Uliani, N. P. (2024). Gejala Dan Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar (Disleksia). Daiwi Widya Jurnal Pendidikan, 10(2), 124–132. https://doi.org/10.37637/dw.v10i3.1784
Hari Witono, A. (2023). Identifikasi Penyebab Anak Mengalami Disleksia. Renjana Pendidikan Dasar, 3(4), 220.
Iza Syahroni,Wasilatur Rofiqoh, dan E. L. (2021). CIRI-CIRI DISLEKSIA PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Buah Hati, 8(1), 62–77.
Kanigara, W. W. (2024). STRATEGI EFEKTIF MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KOMPREHENSIF. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif Volume, 5, 105–117.
Makhsun, R. L., & Gumilang, G. S. (2022). Identifikasi Disleksia Di SDN Babadan 2 Ngawi. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 263–271. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/kkn/article/view/2946
Muawwanah, U., & Supena, A. (2021). Penggunaan Kartu Huruf Sebagai Media Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(2), 98–104. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i2.120
Muniksu, I. M. S., & Muliani, N. M. (2021). Mengenal Siswa Disleksia Sejak Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 24. https://doi.org/10.25078/aw.v6i1.2083
Nisrina Haifa, A. M. R. R. (2021). Pengenalan Anak Pengidap Disleksia Nisrina. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 684–696. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Novi Anita Puteri Ramadhani, Imam Nurcahyo Ika Putra, Mumtahanah Wanodiasari, M. (2024). STRATEGI GURU PADA PENANGANAN SISWA DISLEKSIA DI. Jurnal Satya Widya, 2, 190–201.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia dengan Metode Multisensori di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Rahmawati, L. E., Purnomo, E., Hadi, D. A., Wulandari, M. D., & Purnanto, A. W. (2022). Studi Eksplorasi Bentuk-Bentuk Gejala Disleksia pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4003–4013. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2495
Solihin, E. (2021). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan. In PustaKA Ellios (pp. 1–55). http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/39936
Sri Annisa, I., & Mailani, E. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6469–6477. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AAnalisis
Susanto, D. (2024). PENGARUH METODE BERCERITA DALAM UPAYA MENINGKATKANKEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DISLEKSIA. Jurnal Progresif, 2(1), 919–930.
Yuliana Putri, D., Siti Lathifah, A., Mukholis Aji Prasetyo, C., & Suparmi, S. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Disleksia. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 8(01), 26–36. https://doi.org/10.35706/wkip.v8i01.11578