Peran Lingkungan Keluarga Dalam Mendukung Integrasi Nilai-nilai Islam dan Kecerdasan Majemuk Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • M. Arzani STKIP Hamzar
  • Eliyana Eliyana STKIP Hamzar

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2368

Keywords:

pendidikan Islam; kecerdasan majemuk; anak usia dini; lingkungan keluarga; perkembangan holistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran lingkungan keluarga dalam mendukung integrasi nilai-nilai Islam dan kecerdasan majemuk pada anak usia dini, khususnya di PAUD Riyadlusshibyan Lendang Re. Dengan pendekatan kualitatif melalui survei dan wawancara terhadap orang tua, penelitian ini mengkaji bagaimana nilai-nilai Islam diajarkan di rumah dan bagaimana praktik tersebut selaras dengan pendekatan pendidikan di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga yang mengintegrasikan ajaran agama dengan pengenalan kecerdasan anak secara majemuk lebih mampu mendukung perkembangan anak secara holistik. Temuan ini memberikan rekomendasi praktis bagi orang tua dan pendidik untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan moral dan intelektual anak secara seimbang.

Kata Kunci: pendidikan Islam; kecerdasan majemuk; anak usia dini; lingkungan keluarga; perkembangan holistik

References

DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Pendidikan Anak Usia Dini.

Gardner, H. (1983). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.

Hidayati, N. (2021). The Impact of Worship Practices on Children's Understanding of Religious Values. Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Kurniawan, A. (2022). Group Activities in Religious Learning: Effects on Children's Interpersonal Intelligence. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Nurhayati, R. (2021). The Relationship between Home Religious Education and Child Empathy. Jurnal Psikologi Pendidikan.

Prasetyo, D. (2023). Communication between Parents and Educators in Religious Education. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahmawati, S. (2020). The Role of Parents in Children's Religious Education. Jurnal Pendidikan Keluarga.

Rahayu, T. (2022). Learning Environments Supporting Children's Intelligence. Jurnal Pendidikan Anak.

Santoso, B. (2023). Religious Education Curriculum Integrating Multiple Intelligences. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.

Sari, L. (2022). Play-Based Methods in Teaching Religious Values. Jurnal Pendidikan Anak.

Suyanto, E. (2021). Music as a Tool in Religious Values Education. Jurnal Seni dan Pendidikan.

Susanti, R. (2023). Value Education through Logical Approaches. Jurnal Pendidikan Moral.

Yulianti, R. (2022). PAUD Resources and Education Quality. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Zaini, M. (2021). Parental Involvement in Early Childhood Islamic Education. Jurnal Tarbiyatuna.

Amiruddin, M. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Keluarga Muslim. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Fitria, H. (2023). Pendidikan Islam dan Penguatan Kecerdasan Emosional Anak. Jurnal Studi Islam dan Psikologi.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

M. Arzani, & Eliyana, E. (2025). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Mendukung Integrasi Nilai-nilai Islam dan Kecerdasan Majemuk Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 6(1), 76–79. https://doi.org/10.37216/aura.v6i1.2368