Aplikasi Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT)
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v2i1.461Keywords:
Aplikasi BCCT, faktor pendukung, faktor penghambatAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang diarahkan ke suatu penelitian lapangan (field research). Pembelajaran BCCT di RA Kecamatan Ngalian terbilang efektif data yang diperoleh, 73% setuju dan 27% lainya menyatakan sangat setuju. Faktor pendukung dan penghambat. Secara normatif, faktor pendukung dalam penerapan metode BCCT, muncul dari beberapa aspek, antara lain: lokasi sekolah, kompetensi kepala sekolah, dan kompetensi tenaga pendidik. Adapun implementasinya di RA (PAUD) Kecamatan Ngalian hampir 67% responden menyatakan setuju dan 18% menyatakan setuju. Dan yang tidak menyetujui ada 18%. Peranan pendidik sebagai insipirator bagi anak didik dan sebagai pusat pembelajaran masih belum diaplikasikan secara penuh. Data yang diperoleh, hampir 45% responden menyatakan setuju dan 10% menyatakan sangat setuju, yang artinya pendidik sebagai inspirator tidak dilaksanakan. Adapun yang menjadi faktor penghambat lain pembelajaran BCCT di RA (PAUD) Kecamatan Ngalian adalah kurangnya manajemen waktu dalam penerapan metode BCCT, hal ini sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Data yang diperoleh, 45% setuju dan 9% sangat setuju. Artinya, manajemen waktu ini sangat untuk dilakukan agar pembelajaran BCCT dapat berjalan dengan baik. Karena, melihat keterbatasan waktu yang ada (satu setengah jam) membuat anak harus terforsir dalam menyelesaikan beberapa tahapan yang harus dilalui. Sehingga, manajemen waktu sangat diperlukan
References
Aisyah, Siti.. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aisyah, Siti. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka.
Aqib, Zainal. 2009. Belajar dan Pembelajaran di Taman kanak-kanak., (Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Buku Pintar Playgroup. Yogyakarta: Buku Biru.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Isjoni. 2010. Model Pembelajaran AUD. Bandung: Alfabeta.
J. Moeloeng, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ma’mur Asmani, Jamal. 2009. Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakara: Diva Press,
Mursid. Modul Mengelola Bahan Main Yang Tepat, Disampaikan Pada Mata Kuliah Pendidikan Anak Usia Dini.
Patmonodewo, Soemiarti. 2000. Pendidikan anak prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Padmonodewo, Soemarti. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ratna Megawangi, et. al. 2004. Pendidikan yang Patut dan Menyenangkan: Penerapan Teori Developmentally Appropriate Practice (DAP). Jakarta: Indonesian Heritage Fondation.
Rebecca Novick, Ph.D. 1996. Developmentally Appropriate and Culturally Responsive Education:Theory in Practice. Oregon: Child and Family Program.
Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Toara Wacana.
Santoso, Soegeng dan Prof. Dr., M.Pd. 2004 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan.
Soepartinah Pakasi. 1985. Anak Dan Perkembangannya, Pendekatan Psiko-Paedagogis, Terhadap Geneasi Muda. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.
Sumadi Suryabrata. 1988. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Rajawali.
Sutrisno Hadi, M.A., Prof., Drs. 1986. Metodologi Research I. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM.
Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.
UU RI Nomor 20 Tahun 20003 Tentang Sisdiknas. 2008. Bandung: Citra Umbara.
Yusuf LN, Syamsul. 2000. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zuriah, Nurul. 2008. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.