Pendekatan Tematik Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Authors

  • mohamadhatta IAI HAMZANWADI NW PANCOR

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v3i1.601

Keywords:

Pembelajaran Anak Usia Dini, Pendekatan Tematik

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kepustakaan yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian yang berjudul ”Pendekatan Tematik dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” dengan metode penelitian kualitatif yang menafsirkan fenomena yang dijumpai melalui metode pengumpulan data dari buku, jurnal ilmiah, internet, artikel, catatan, serta berbagai laporan yang berkaitan dengan fokus masalah yang sedang diteliti.

Dari studi kepustakaan ini di peroleh hasil penelitian berupa kesadaran akan kebutuhan pendidikan terutama pada masa usia dini pada masa ini cenderung terus meningkat sehingga pendidikan dipahami sebagai upaya pengembangan potensi kemanusiaan secara utuh dalam menanamkan nilai-nilai sosial budaya yang diyakini oleh sekelompok masyarakat agar dapat mempertahankan hidup dan kehidupan secara layak. Untuk membantu memenuhi kebutuhan dalam bidang pendidikan usia dini, pemerintah berusaha memfasilitasi dengan mengembangkan kurikulum PAUD berbasis pendekatan tematik yang diharapkan dapat membantu memberikan hasil pendidikan yang berkualitas pada anak usia dini.

Pendekatan tematik dalam kurikulum PAUD adalah pendekatan yang menghubungkan objek dengan konsep yang sudah ada dalam pikiran dengan memperhatikan karakteristik anak dan kompetensi yang akan dicapai, terinteraksi dengan alat (media) dalam proses pembelajarannya dan bersifat konkret. Dalam pengaplikasiannya pendekatan tematik dalam penelitian ini bersifat terpadu yaitu menuntut peserta didik baik secara individu maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan autentik. Dalam prosesnya juga pendekatan tematik ini mencoba memadukan beberapa pokok bahasan dalam suatu tema tertentu sehingga diharapkan peserta didik lebih memiliki kedalaman wawasan materi dengan tingkat keterampilan dan pengetahuan yang beragam dan kompleks serta tidak terpecah-pecah.

References

Akbar, Sa’dun, Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Artikel Pembelajaran Tematik: Penyusunan RPP. Ditulis oleh Suyantiningsih, sumber http// pembelajaran tematik.

Baharuddin, H, dkk, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Danarjati, Dwi Prasetia, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Fadillah, M., Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada media Group, cetakan pertama 2014.

Gintings, Abdorrakhman, Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Humaniora, 2010.

George R. Knight, Issues and Alternatives in Educational Philosophy. Terj. Mahmud Arif, Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: Gama Media, 2007.

Itadz, Mbak, Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita Untuk Anak Usia Dini , Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.

Kunandar, Penilaian Autentik Berdasarkan Kurikulum 2013, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013.

Khaeruddin, H, dkk, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Yogyakarta: Pilar Media, 2007.

Kurinasih, Imas, Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan, Surabaya: Kata Pena, 2014.

Latif, Mukhtar, dkk, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014.

Mufarokah, Anissatul, Strategi dan Model-Model Pembelajaran, Tulung agung: STAIN Press, 2013.

Mulyasa, E, Kurikulum Yang Disempurnakan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

----------, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Bandung Remaja Rosdakarya, 2013.

Majid, Abdul, Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung: Remaja RosdaKarya, 2014.

Maunah, Binti, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Yogyakarta: Teras, 2009.

Nata, Abuddin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012.

Novitawati,”Kesiapan Sekolah Anak Taman Kanak-Kanak Berbasis Model Pembelajaran Sentra”, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Universitas Negeri Lambung Barat Mangkurat, Vol. 7, No. 1, April 2013.

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

mohamadhatta. (2022). Pendekatan Tematik Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(1), 13–30. https://doi.org/10.37216/aura.v3i1.601