Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kota Padang

Authors

  • Dewi Siswanti Universitas Negeri Padang
  • Indra Jaya Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.663

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya pendidikan karakter pada anak sejak usia dini. Pendidikan karakter pada anak sudah mulai berkembang akan tetapi masih belum optimal. Berdasarkan diperlukan penelitan ini yang bertujuan untuk melihat, pelaksanaan pendidikan karakter pada anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kota Padang. Pendidikan karakter yang ditanamkan sejak awal sebenarnya akan membantu membentuk kepribadian anak yang hebat di kemudian hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.  

Penelitian ini menjukkan hasil pelaksanaan pendidikan karakter telah terlaksana dengan baik. Kepala sekolah dan guru telah merancang kegiatan pelaksanaan karakter berdasarkan pada tema dan modul pembelajaran holistic berbasis karakter (phbk). Pelaksanaan pendidikan karakter dilaksanakan melalui kegiatan terprogram dan kegiatan pembiasaan, serta pelaksanaannya sudah sesuai dengan pelaksanaan yang dilakukan oleh Indonesia heritage foundation (IHF). Guru selanjutnya akan melakukan evaluasi dengan cara observasi atau pengamatan dan laporan orang tua. Guru juga melakukan diskusi dengan orangtua anak atau disebut sebagai FORKOM (forum komunikasi) orangtua yang dilaksanakan 1 bulan sekali untuk membahas tentang pengembangan karakter pada anak. Sedangkan hambatan yang di alami yaitu kurangnya kepedulian orang tua dengan pendidikan karakter anak dirumah

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Siswanti, D., & Jaya, I. (2023). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kota Padang. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(2), 148–155. https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.663