Pelaksanaan Kegiatan Senam Dalam Mengembangkan Fisik Anak Di Taman Kanak-kanak Pertiwi I Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.696Keywords:
Senam, Pengembangan fisik, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengembangan serta evaluasi pelaksanaan kegiatan senam untuk mengembangkan fisik anak di TK Pertiwi 1 Kota Padang. Disini menjadi hal yang menarik, dimana guru mengembangkan fisik anak melalui kegiatan senam yang beragam dan gurunya khusus pengembangan fisik anak. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk melihat bagaimana pelaksanaan pengembangan fisik anak di TK Pertiwi 1 Kota Padang. Subjek penelitian yaitu anak-anak kelas B6, informasi penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas B6, dan guru pengembangan fisik di TK Pertiwi 1 Kota Padang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Sedangkan teknik keabsaan data yang digunakan berupa teknik triangulasi. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan senam dalam mengembangkan fisik anak di TK Pertiwi 1 Kota Padang, guru telah menyiapkan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Kegiatan yang dilakukan sudah sesuai dengan yang direncanakan dan guru melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasannya pelaksaan kegiatan senam dalam mengembangkan fisik anak sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan semestinya yang mengacu pada kurikulum 2013 dan indikator percapaian perkembangan anak.
References
Aryani, R., Sutrisno, & Zar’in, F. (2021). Manajemen Pembelajaran Kelas di Taman Kanak-Kanak Al Mujahidin Sekadu Hulu. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 19–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/jepaud.v9i1.2956
Eliyyil, Akbar (2020) Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana
Indrijati, Herdina. Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2016.
Iswantiningtyas, V., & Wijaya, I. P. (2015). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2).
Khadijah dan Amalia N.(2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana.
Kristiana, M. (2021). Implementasi Kegiatan Senam Irama Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU 167 Abu Bakar Bancangan Sambit Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Lestariningrum, Anik (2019) pengaruh senam bebek berenang terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun. Efektor.6(1), 1-6.
Mareta, Dwi F.(2017). Pengaruh Metode Senam Irama Terhadap Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di KB Fatimatuz Zahra Desa Pesayangan Kecematan Talang Kabupaten Tegal.
Rukiyati. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Membentuk Balok Bangunan Melalui Metode Praktik Langsung Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(2),135–150. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v3i2.522
Rudiyanto, A. (2016). Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik HalusAnak Usia Dini (J. Yacub (ed.)). Lampung: Darussalam Press.
Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Apek Perkembangan Anak (Pertama). Prenadamedia Group.
Sugiarto, E. (2017). Menyusun Proposal penelitian kualitatif : Skripsi dan Tesis : Suaka media. Diandra Kreatif.
Susanto, Ahmad. (2018) Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta : PT Bumi Aksara.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489