Pengaruh Permainan Bubur Kertas Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Raudhatul Athfal Ibnu Khaldun Padang

Authors

  • Lathifa Kamal Universitas Negeri Padang
  • Rakimahwati Rakimahwati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.697

Keywords:

Bubur kertas, motorik halus, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini didasarkan dengan belum berkembangnya kemampuan motorik halus anak secara optimal, seperti beberapa anak yang masih kesulitan dalam mengkoordinasikan antara mata dan tangan, serta motivasi anak mengerjakan kegiatan yang dapat mengembangkan motorik halus masih rendah meskipun didampingi oleh guru. Hal ini terjadi karena metode yang digunakan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruh permainan bubur kertas terhadap perkembangan motorik halus anak di Raudhatul Athfal Ibnu Khaldun Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh murid Raudhatul Athfal Ibnu Khaldun Padang, dan teknik pengambilan sampelnya total sampling, yaitu jumlah sampel sama dengan populasi dengan kelas B1 dan kelas B2 masing-masingnya berjumlah 16 anak. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Data diolah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen memperoleh kenaikan sebesar 13,25. Kemudian berdasarkan uji hipotesis diketahui nilai Sig (2-tailed) adalah sebesar 0,000<0,05. Maka disimpulkan bahwa kegiatan bubur kertas berpengaruh signifikan terhadap perkembangan motorik halus anak di RA Ibnu Khaldun Padang.

References

Depdiknas. (2007). Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Eliasa, Eva I. (2014). Increasing Values of Teamwork and Responsibilitu of The Students Through Games: Integrating Education Character in Lectures. Journal Procedia: Social and Behavioral Sciences 123. pp.196-203.

Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak 1, Edisi ke 6. Jakarta: Gramedia.

Ismail, Andang. (2006). Education Games (Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif). Yogyakarta: Pilar Media.

Kustiawan, Usep. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra.

Nurwarjani, Elvira Novianti. (2006). Kreasi Cantik dari Bubur Kertas. Jakarta: Kawan Pustaka.

Maulida, Susi dan Sri Setyowati. (2015). Pengaruh Bubur Koran Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Dharma Wanita Waduk Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Jurnal PAUD Teratai. Vol.4 No.2, pp.1-5.

Sunardi, Sunaryo. (2008). Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Suratmi, Zukhairina, Ansori. (2021). Upaya Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Bubur Kertas Pada Usia 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Al-Fattah Desa Jangga Baru Kecamatan Batin XXIV. At- Tasyrih: Jurnal Pendidikan. Vol. 7 No.2, pp.1-8

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Kamal, L., & Rakimahwati, R. (2023). Pengaruh Permainan Bubur Kertas Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Raudhatul Athfal Ibnu Khaldun Padang. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(2), 137-147. https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.697