Analisis Pengembangan Karakter Pada Penggunaan Lagu Bernuansa Islami Di Taman kanak-kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur

Authors

  • Wirnati Rahyu universitas negeri padang
  • Syahrul Ismet Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.700

Keywords:

Taman Kanak-kanak; Pengembangan Karakter; Lagu Bernuansa Islami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan karakter pada penggunaan lagu bernuansa islami di Taman Kanak-kanak Nurwarna  Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana analisis pengembangan karakter pada penggunaan lagu bernuansa islami di Taman Kanak-kanak Nurawarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di Taman Kanak-kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, data menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa analisis pengembangan karakter penggunaan lagu bernuansa islami pada anak, yaitu berpusat pada anak, dimana guru melakukan lagu tersebut pada kegiatan berbaris, yang judul lagunya rukun islam dan puasa ramadhan serta karakter yang terdapat tanggung jawab. Kegiatan sebelum belajar, yang judul lagunya saling menyangi serta karakter yang terkembang menghargai. Kegiatan  makan, yang judul lagunya sebelum kita makan serta karakter yang terkembang mandiri. Media yang digunkan guru yaitu kerincingan dan penilaian yang dilakukan oleh guru penilaian ceklis.

References

Cahyaningrum, Eka S Sudaryanti S, Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213.

Dahlia. (2017). Penerapan Metode Iqro’ Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Cahaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa., 3(6), 3.

Dewi, Atika E, Indahsari, Aryani, T. (2019). Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, 163–171.

Guwa, U. (2021). Analisis Teknik Penilaian Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Satap St. Theresia Wolomeli Kecamatan Bajawa Utara Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 1(3).

Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ta’dib., 5(2), 180.

Hartiwi. (2016). Pelaksanaan Pembiasaan Nilai Agama dan Moral Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini., 5(3), 313–326.

Haryani R, Jaya I, Y. Y. (2019). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 105–114.

Hidayati, S. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV. Kanaka Media.

In’am, Akhsanul, Hartiningsih, S. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Di Ra Al Mashitoh Tegalgondo Karangploso Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan., 6(1), 236.

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Parapat, A. (2020). Stategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Edu Publisher.

Ridwan R, A. A. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Didaktika Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67.

Sanjaya, W. (2012). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Siswanto S, Zaelansyah Z, S. E. (2019). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Generasi Unggul Dan Sukses. PARAMUROBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 35–44.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Rahyu, W., & Ismet, S. . (2023). Analisis Pengembangan Karakter Pada Penggunaan Lagu Bernuansa Islami Di Taman kanak-kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur . Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(2), 126-136. https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.700