Pengenalan Kegiatan Budaya Minangkabau di Taman Kanak-Kanak Islam Nibras Padang

Authors

  • Maisi Erzipa Universitas Negeri Padang
  • Syahrul Ismet Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.709

Abstract

Berdasarkan permasalahan minimnya pengetahuan anak terhadap budaya Minangkabau seperti anak yang tidak mampu berbicara bahasa Minang dan anak tidak mampu memahami bahasa Minang yang merupakan bahasa ibunya. Untuk meningkatkan pengetahuan anak terhadap budaya Minangkabau dilaksanakan kegiatan pembelajaran yang berfokuskan pada pengenalan kegiatan budaya Minangkabau seperti pengenakan bahasa Minang, musik Minang, lagu Minang, dan tari Minang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana pengenalan kegiatan budaya Minangkabau di Taman Kanak-Kanak Islam Nibras Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian anak kelompok A dan kelompok B dan informan penelitiannya adalah kepala sekolah dan guru di Taman Kanak-Kanak Islam Nibras Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dan interpretasi data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa pelaksanaan pengenalan kegiatan budaya Minangkabau dilakukan selama dua hari dalam seminggu yaitu hari selasa dilakukan oleh kelompok A dan hari rabu dilakukan oleh kelompok B yang telah disesuaikan dengan tema. Adapun pelaksanaan pengenalan kegiatan budaya Minangkabau meliputi bahasa Minang, musik Minang, lagu Minang, dan tari Minang yang dilakukan secara terstruktur sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Walaupun ada kekurangan guru mampu mengatasi kendala tersebut dengan sederhana. Maka dapat disimpulkan pengenalan kegiatan budaya Minangkabau di Taman Kanak-Kanak Islam Nibras Padang ini terlaksana dengan baik dan efektif sesuai tujuan pembelajarannya yaitu sebagai upaya untuk mengenalkan budaya Minangkabau yang beranekaragam kepada anak.

References

Astuti, s. d. (2016). Transmisi Budaya dan Kearifan Lokal pada Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal penelitian, 1-14.

Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau Untuk Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3b).

Hamdayana, J. (2016) Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah, U. (2018). Strategi pembelajaran aktif untuk anak usia dini. INSANNA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204-222.

Nadlir, M. (2013). Perencanaan pembelajaran berbasis karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2) 338-352.

Putri, Z. S. (2020). STANDAR SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BERMAIN ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK HIP HOP KOTA BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

We, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2020). Tradisi Kearifan Lokal Minangkabau “Manjujai” Untuk Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1339-1351.

Yeni, I., Putra, I. E. D., & Anggraini, V. (2020). Pengembangan Media Animasi Lagu Minangkabau Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini: Bahan Ajar.

Yuliani, N. S. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak. Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Erzipa, M., & Ismet, S. (2023). Pengenalan Kegiatan Budaya Minangkabau di Taman Kanak-Kanak Islam Nibras Padang. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(2), 179-190. https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.709