Pelaksanaan Pengembangan Kemampuan Emosi Di Taman Kanak-kanak Islam Al-Azhar Padang
Pengembangan Emosi, Hakikat Pembelajaran PAUD
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.717Keywords:
Pengembangan Emosi, Hakikat Pembelajaran PAUDAbstract
Anak usia dini merupakan anak yang berada pada usia 0-6 tahun yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, anak pada usia tersebut memiliki karakteristik berbeda-beda, unik, pada seluruh aspek anak harus berkembang dengan optimal sesuai dengan aspek perkembanganya tidak terlepas dari pemberian stimulus dan motivasi. Salah satu aspek yang dikembangkan di Taman Kanak-kanak Islam Al-Azhar Padang adalah perkembangan emosi. Emosi sebagai suatu kegiatan atau pergolakan pikiran perasaan, nafsu, atau setiap keadaan mental yang hebat. emosi sebagai suatu yang merujuk kepada suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya, suatu keadaan biologis dan psikologis, sertai serangkain kecenderungan untuk bertindak. Maka tujuan dari penelitian ini yaitu : “mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pengembangan kemampuan emosi anak di Taman Kanak-kanak Islam Al-Azhar
References
Gunawan, Imam. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta:Paragonatama Jaya
Hayati,Miratul,Sigit Purnama.2019. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Depok :PT. Rajagrafindo Persada
Mahyuddin, Nenny. 2008. Asesmen Anak Usia Dini. Padang: Tim UNP Press
Mahyuddin, Nenny. 2019. Emosional Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group
Paryuki, A. (2021). Meningkatkan perkembangan sosial emosional anak melalui metode bercerita gambar seri di taman kanak-kanak sari utama kota jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Mulyasa,2014. Manajemen Paud.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Suryana, Dadan. 2019. Manjemen Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group