Stimulasi penguatan Pembelajaran dalam menghafal surah-surah pendek di taman kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang

Authors

  • Salsa Billa Universitas Negeri Padang
  • Nenny Mahyuddin Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.728

Keywords:

Stimulasi, penguatan,surah-surah pendek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana stimulasi penguatan pembelajaran dalam menghafal surah-surah pendek di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulasi penguatan pembelajaran dalam menghafal surah-surah pendek yaitu: 1) Guru memberikan penguatan kata/kalimat dengan pujian, dorongan, motivasi, nasehat, dan teguran dalam menghafal surah pendek. 2) Guru memberikan penguatan gerak isyarat dalam menghafal surah pendek dengan senyuman, jempol, kelingking, gerakan tangan, menunjuk dengan jari dan bertepuk tangan. 3) Guru memberikan penguatan sentuhan kepala, lutut, pundak, dagu, pipi dan tos dalam menghafal surah pendek. 4) Guru memberikan penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan dalam menghafal surah pendek yaitu dengan perlombaan antara santriwan santriwati dan membaca surah pendek maju kedepan kelas dengan mencabut lot. 5) Guru memberikan penguatan berupa simbol bintang dan wajah tersenyum, bulan mencibir dan wajah cemberut, permen atau kue dalam menghafal surah-surah pendek. Maka dapat disimpulkan bahwa stimulasi penguatan pembelajaran dalam menghafal surah-surah pendek menggunakan berbagai penguatan baik penguatan verbal maupun penguatan nonverbal.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana stimulasi penguatan pembelajaran dalam menghafal surah-surah pendek di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di Taman Kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulasi penguatan pembelajaran dalam menghafal surah-surah pendek yaitu: 1) Guru memberikan penguatan kata/kalimat dengan pujian, dorongan, motivasi, nasehat, dan teguran dalam menghafal surah pendek. 2) Guru memberikan penguatan gerak isyarat dalam menghafal surah pendek dengan senyuman, jempol, kelingking, gerakan tangan, menunjuk dengan jari dan bertepuk tangan. 3) Guru memberikan penguatan sentuhan kepala, lutut, pundak, dagu, pipi dan tos dalam menghafal surah pendek. 4) Guru memberikan penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan dalam menghafal surah pendek yaitu dengan perlombaan antara santriwan santriwati dan membaca surah pendek maju kedepan kelas dengan mencabut lot. 5) Guru memberikan penguatan berupa simbol bintang dan wajah tersenyum, bulan mencibir dan wajah cemberut, permen atau kue dalam menghafal surah-surah pendek. Maka dapat disimpulkan bahwa stimulasi penguatan pembelajaran dalam menghafal surah-surah pendek menggunakan berbagai penguatan baik penguatan verbal maupun penguatan nonverbal.

References

Alma, Buchari, dkk. (2009). Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Bandung: Alfabeta.

Arifin. (2011). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R & D. bandung: alfabeta.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Vol. 8 No. 1, 50-58.

Djamarah, S., B. & Zain A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fatinah, S., & Azis, A. (2021). Permainan Beberan (Kartu Soal) Terhadap Kemampuan Menghafal Surah Pendek Pada Anak Usia Dini. Jurnal Waladi: Jurnal Wawasan Ilmu Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1, 10-35.

Hamalik, Oemar. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kurniati & Ervina. (2020). Kemampuan Guru Menggunakan Penguatan (Reinforcement) dalam Pembelajaran di SMPN Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Akademika: Jurnal Keagamaan dan Penddikanm Vol. 16 No. 1, 58-70.

Marno dan Idris, M. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran (Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif). Yogyajarta: Ar Ruzz Media.

Maulidia, L.N. &Tumardi. (2020). Pemberian Penguatan Perilaku Anak Dalam Pembelajaran Di Paud. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 11 No.2, 123-133

Modjo, D., & Sudirman, A. A. (2020). Analysis Of Early Childhood Stimulation Training Program Through The Detection Of Child Growth And Development Activities On The Ability Of School Cadres. Internasional Journal Papier Public Review, 1 (2), 21-25.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Palupi, A. N. (2021). Use Of Manipulative Media As A Stimulation Of Ability To Understand The Concept Of Early Children’s Age. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 3 (2), 41-57.

Rahmawati, D, N., & Dwiyanti, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah-Surah Pendek Melalui Metode Kinestetik Anak Kelompok B TKIT Nurul Islam Pelem Kecamatan Pare Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016-2017. SELING: Jurnal Program Studi PGRA Vol. 4 No. 1, 44-50.

S, Viona Calista. (2019). Hubungan Reinforcement Terhadap Disiplin Anak Usia Dini Di Paud Pembina 1 Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kuantitatif Di Paud Pembina 1 Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia Vol. 4 No. 1, 13-17.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siswanto, dkk. (2019). Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Generasi Unggulan Dan Sukses. Jurnal Paramurobi Vol. 2 No. 1, 31-40.

Suryana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran. Padang: UNP Press.

Usman, M. U. (2017). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Widodo, H. (2019). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: ALPRIN.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Billa, S., & Mahyuddin, N. (2023). Stimulasi penguatan Pembelajaran dalam menghafal surah-surah pendek di taman kanak-kanak Sabbihisma 4 Padang. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.728