Perkembangan Keterampilan Berbicara Anak Di Raudhtul Athfal Islam Bakti 29 Sidodadi Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Authors

  • Erni Ariyanti Universitas Negri Padang
  • Yulsyofriend Yulsyofriend

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.743

Keywords:

Keterampilan, berbicara, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang perkembangan keterampilan berbicara anak di Raudhatul Athfal Islam Bakti 29 Sidodadi Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil kegiatan perkembangan keterampilan berbicara anak di Raudhatul Athfal Islam Bakti 29 Sidodadi Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat sudah tercapai dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Perencanaan perkembangan keterampilan berbicara anak berpedoman pada kurikulum 2013, Prosesm, RPPM dan RPPH yang sudah dirancang diawal tahun ajaran. Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dalam perkembangan keterampilan berbicara anak seperti memberikan pertanyaan yang menantang kepada anak dam menggunakan bahasa tubuh melalui metode pembelajaran yang bervariasi. Penilaian yang dilakukan guru selama proses pembelajaran dilaksanakan dari kegiatan awal sampai akhir dengan menggunakan observasi, catatan anekdot dan daftar ceklis. Pengamatan yang dilakukan sesuai dengan tema dan sub tema pada kurikulum 2013.

References

Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Keterampilan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156-1163.

Afrianti, Y., & Wirman, A. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Keterampilan Membaca Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1156-1163.

Ahmad, Susanto. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Konsep Teori. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Deni Darmawan & Permasih. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Hamidah, F & Mais, A. (2020). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini di Pos PAUD Kemuning 56 Mumbulsari Jember. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education). Volume 3, Nomor 2.

Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi perkembangan dan indikator pencapaian bahasa reseptif dan bahasa ekspresif pada anak usia dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38-46.

Indriyani & Rohita. (2019). Penguasaan Keterampilan Bertanya Dasar di TK Baiturrahman. Jurnal AUDHI, Vol. 2. No. 1

Mulyasa (2012) Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA : Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan. Vol. 11, No. 1

Purwanti,titik. 2014. Peningkatan ketrampilan berbicara Berbicara Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Peran Mikro di Pendidikan Anak Usia Dini Kasih Bunda Pontianak. RepositoryUnmuhpnk.ac.id

Puspitasari, Enda. (2012). Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Educhild, Vol. 01 No.1, 67—76

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, P. D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D. , Alfabeta, cv. (2016).

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92-111.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Ariyanti, E., & Yulsyofriend, Y. (2023). Perkembangan Keterampilan Berbicara Anak Di Raudhtul Athfal Islam Bakti 29 Sidodadi Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(1), 64–70. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.743